Sukses

BRI Syariah Bantah Pakai Influencer Buat Umbar Sahamnya

PT BRI Syariah Tbk menyampaikan penjelasan kepada bursa terkait promosi saham yang dilakukan salah satu tokoh.

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya praktik investasi ala influencer atau tokoh kenamaan tanah air, mengundang cukup banyak perhatian dari masyarakat. Lantaran para influencer ini kerap membagikan momen saat saham mereka menguat melalui akun media sosialnya

Sejumlah pesohor yang menyebutkan saham lewat media sosial, salah satunya Yusuf Mansur. Ia sempat beberapa kali menyebutkan saham BRIS di akun instagram resminya @yusufmansurnew.

Salah satu unggahan soal saham BRIS pada 7 November 2020. Ketika itu, ia mengunggah kalau dirinya sudah untung tiga kali lipat. Ia juga menyampaikan kalau menyisakan saham BRIS. Ia juga menyebutkan sedang mengincar saham Garuda, emiten jalan tol dan proyek strategis lainnya.

Bursa Efek Indonesia (BEI) pun meminta penjelasan kepada sejumlah perusahaan, salah satunya PT BRI Syariah Tbk (BRIS). Melalui Surat BEI no S-00061/BEI.PP1/01-2021, BEI mempertanyakan apakah perusahaan ini memiliki kerja sama dengan para influencer sebagai media promosi.

Namun, BRIS menegaskan tidak ada kerja sama antara perseroan dengan influencer atau artis. Bahkan, perseroan juga mengaku tak memiliki program publikasi untuk mempromosikan saham perseroan.

“Dalam 3 bulan terakhir, perseroan tidak memiliki kerja sama dengan media maupun influencer dalam melakukan promosi saham,” ujar Corporate Secretary  BRIS Mulyatno Rachmanto, seperti dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Kamis (7/1/2021).

Mulyatno mengatakan, pihaknya tidak memiliki hubungan afiliasi dengan figur publik. “Sebagai perusahaan tercatat, perseroan akan tetap mematuhi ketentuan peraturan pasar modal Indonesia mengenai keterbukaan informasi,” ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham BRIS

Pada penutupan perdagangan saham, Rabu, 6 Januari 2021, saham BRIS naik 6,81 persen ke posisi Rp 2.510 per saham. Total volume perdagangan 410,47 juta saham. Total frekuensi perdagangan 65.896 kali dengan nilai transaksi Rp 1 triliun.

Mengutip data RTI, saham BRIS sudah naik 11,79 persen selama sepekan. Sedangkan dalam satu tahun, saham BRIS melonjak 672,73 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • BRI Syariah merupakan salah satu lembaga perbankan syariah.

    BRI Syariah

  • Influencer adalah salah satu istilah dalam bisnis yang memanfaatkan kemampuannya untuk memengaruhi seseorang.

    Influencer

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Saham BRIS

  • BRIS