Sukses

Bursa Asia Menguat Menanti Keputusan Bank Sentral Australia

Liputan6.com, Tokyo - Pasar saham Asia naik tipis pada perdagangan hari ini seiring investor yang menunggu kebijakan yang akan dikeluarkan Bank Sentral Australia (Reserve Bank of Australia/RBA).

Melansir laman Reuters, Selasa (6/9/2016), indeks MSCI saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,1 persen. Sementara saham Australia tergelincir 0,3 persen menjelang pengumuman RBA. Sementara indeks Nikkei Jepang naik 0,1 persen.

Semua 33 ekonom yang disurvei Reuters mengharapkan RBA terus stabil, terutama setelah serentetan data ekonomi tercatat membaik pada Senin kemarin. RBA baru akan mengeluarkan keputusannya pada siang ini.

Karena telah menarik pemicu easing pada Mei dan Agustus, Reserve Bank of Australia (RBA) kemungkinan akan mempertahankan kebijakan saat ini sambil meninjau kondisi ekonomi sebelum memutuskan langkah stimulus berikutnya.

"Saat AS menutup perdagangannya, rangebound kemungkinan akan berlanjut hari ini, dengan dolar berbalik arah terhadap yen pada saat ini," kata Direktur Riset Valuta Asing Global-info Co Kaneo Ogino di Tokyo.

Sementara Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mengisyaratkan bank sentral Jepang siap untuk memperluas stimulus. Namun ia mengecewakan investor yang berharap BOJĀ akan sedikit lebih eksplisit tentang langkah yang akan dilakukan pada review berikutnya yang berlangsung pada 20-21 September.

Di sisi lain, para pemimpin dari negara-negara top dunia tengah menggelar pertemuan puncak di China untuk mengkoordinasikan kebijakan ekonomi makro dunia. Di mana muncul beberapa usulan konkret untuk memenuhi meningkatnya tantangan globalisasi dan perdagangan bebas.(Nrm/Gdn)