Sukses

Waspada, Cuaca Ekstrem Diprediksi Melanda Lampung 3 Hari ke Depan

BMKG Lampung memperkirakan fenomena ini berdampak pada potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat serta petir dan angin kencang.

Liputan6.com, Lampung - Cuaca di 12 kabupaten/kota di Provinsi Lampung dalam tiga hari ke depan diperkirakan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi. Kondisi cuaca ini diperkirakan masuk kategori ekstrem.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Maritim Lampung, cuaca ekstrim disertai hujan serta kilatan petir akan terjadi pada kurun waktu tanggal 25 Juni 2024 hingga 27 Juni 2024.

Prakirawan BMKG Maritim Lampung, Yoyok Dewantoro mengatakan bahwa cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi tiga hari kedepan melanda 12 kabupaten/kota di Lampung secara bergantian saat pagi hingga malam hari.

"Prediksi cuaca hujan deras disertai angin dan kilat/petir ini akan terjadi di 12 kabupaten/kota dalam tiga hari ke depan. Hujan serta kilatan petir akan terjadi pada pagi hingga malam hari secara bergantian,"kata Yoyok, Selasa (25/6/2024).

Yoyok menyampaikan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya fenomena cuaca ini diantaranya menghangatnya suhu dipermukaan laut.

"Faktornya diantaranya adalah menghangatnya suhu muka laut di perairan Lampung dan sekitarnya sehingga berpotensi memicu pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Lampung,"jelas dia.

berdampak pada potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat serta petir dan angin kencang.

Cuaca ekstremĀ tersebut, lanjutnya dapat berdampak bencana hidrologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Yoyok mengimbau masyarakat terutama nelayan untuk selalu menilik informasi terbaru terkait cuaca di website resmi BMKG.

Berikut daftar kabupaten/kota yang diprediksi akan terjadi fenomena cuaca ekstrim pada tiga hari ke depan :

Selasa (25/6/2024)

- Lampung Timur, Lampung Selatan, Mesuji, Tulang Bawang, Way Kanan, Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah, Pesisir Barat, Lampung Barat, Metro, Pesawaran, Bandar Lampung.

Rabu (26/6/2024)

- Lampung Timur, Tulang Bawang, Lampung Selatan, Mesuji, Lampung Tengah, Lampung Barat dan Bandar Lampung.

Kamis (27/6/2024)

- Lampung Tengah, Lampung Barat, Lampung Timur dan Mesuji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini