Sukses

Permintaan Hewan Kurban Mulai Meningkat di Sumbar

Untuk harga hewan kurban saat ini mulai dari Rp14 juta sampai yang termahal Rp40 juta.

Liputan6.com, Padang - Kurang dari satu bulan menjelang Hari Raya Idul Adha 2024, permintaan hewan kurban di Sumatera Barat mulai meningkat.

Salah seorang pedagang sapi di Pesisir Selatan, Andi (45) mengatakan panitia kurban dari berbagai masjid sudah mulai ada yang membeli langsung hewan kurban, lalu juga ada yang masih melakukan survei.

"Kami telah mengirim permintaan sapi sebanyak 400 ekor ke Payakumbuh, Limapuluh kota , Bukittinggi 150 ekor dan ke kota Padang 50 ekor," ujarnya, Rabu (22/5/2024).

Ia menyebut konsumennya banyak dari kota Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Kampar, Riau dan lain sebagainya.

"Konsumen dari daerah itu biasanya membeli hewan kurban yang besar, mulai dari satu ekor sapi dengan daging 60 kilogram sampai sapi bobot 70 kilogram dan sapi bobot 150 kilogram," katanya.

Terkait harga sapi saat ini, lanjutnya mulai dari Rp14 juta sampai yang termahal Rp40 juta. Harga sapi tersebut melihat kondisinya dan jumlah dagingnya.

"Sapi yang disediakan sehat dan berkualitas, karena saya pakai kandang permanen sendiri di samping rumah. Melibatkan tenaga pekerja empat orang, satu orang sopir armada untuk mengantar sapi pesanan, tukang bersih kandang dan penyedia makanan rumput," jelasnya.

Dalam satu kandang, Andi menyediakan sapi kurban sebanyak 80 ekor, mulai dari sapi simental, sapi bali, sapi brahman, dan sapi kampung pesisir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini