Sukses

7 Warga Masuk RS Usai Tertimpa Ranting Pohon Kibasan Angin Helikopter Jokowi di Muna

Saat Jokowi ke Muna, 7 orang warga tertimpa ranting pohon dari kibasan angin helikopter Jokowi.

Liputan6.com, Kendari - Sebanyak 7 orang warga masuk rumah sakit (RS) saat kunjungan Presiden Jokowi ke Muna, Senin (13/5/2024). Ketujuhnya, tertimpa ranting pohon yang berasal dari kibasan angin baling-baling helikopter rombongan Jokowi, Senin (13/5/2024). 

Menurut sejumlah saksi mata, saat itu, Jokowi dan rombongan menaiki 3 helikopter. Dua di antaranya, merupakan jenis Super Puma dan salah satunya helikopter kepresidenan.

Sebanyak tiga helikopter, mendarat hampir bersamaan di Lapangan Alun-Alun Raha, Ibu Kota Kabupaten Muna.

Sesaat sebelum mendarat itulah, ketiga helikopter menimbulkan kibasan angin cukup kencang di sekitar landasan. Beberapa ranting pohon tertiup angin kencang sehingga banyak di antaranya terlempar ke arah kerumunan warga. 

Padahal, sebelum mendarat, ratusan personel keamanan sudah mengingatkan warga agar tidak berada dekat dengan helikopter saat rombongan Presiden Jokowi ke Muna. Namun, diduga terlalu antusian karena kedatangan Presiden, warga abai dan tetap mendekat. 

Salah seorang korban, Rezki Indah Sari (32), datang melihat kedatangan Presiden Jokowi bersama korban lainnya. Saat itulah, dia terkena ranting pohon yang patah dan terlempar akibat kibasan baling-baling helikopter. 

Dari ketujuh korban ini, wanita yang tinggal di Jalan Matabuntu Kelurahan Watonea Muna itu, menderita cedera paling parah. Dia mendapat luka di bagian kepala dan mendapatkan beberapa jahitan. Sedangkan lainnya, rata-rata mengalami luka lecet dan memar. 

Diketahui, total ada tujuh korban yang terkena ranting pohon. Ketujuhnya yakni, Rezki Indah Sari (32), Harun Cahya Ningrum (4),Herlina, Adriaz (3), Azril (7), Safaruddin (31), dan Ringganis (3).

Kepala RSUD Dr HLM Baharuddin, Dr Muhammad Marlin membenarkan informasi ini. Saat dikonfirmasi, dia membenarkan ada beberapa orang pasien luka ringan yang sempat masuk UGD. 

"Tadi pagi memang ada. Data kami, ada 8 orang yang luka. Satu rawat inap, tujuh rawat jalan," ujar Muhammad Marlin. 

Dia membenarkan, petugas medis sempat memberi pertolongan kepada pasien yang masuk UGD. Kemudian, beberapa pasien yang mengaku kena ranting pohon saat helikopter mendarat, diperbolehkan pulang. 

"Satu pasien rawat inap," ujar Muhammad Marlin, dihubungi via telepon seluler. 

Plt Bupati Muna Bahrun Labuta diketahui sempat mengunjungi para korban. Dia memastikan, biaya perawatan para korban helikopter Jokowi sudah ditanggulangi. Kata dia, Pemda Muna sudah berkomunikasi dengan pihak RSUD dan sudah memberikan perawatan kepada para korban sampai mereka sembuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini