Sukses

Peringati Hardiknas, PLN Icon Plus Ajak Pelajar di Makassar Tanam

PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT ajak pelajar tanam pohon demi tekan emisi karbon

Liputan6.com, Makassar - PT PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT turut ambil andil memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). PLN Icon Plus melakukan edukasi kepada pelajar untuk turut serta menekan emisi karbon dengan cara menanam pohon. 

Kegiatan itu dibalut dalam sebuah lomba Tanam Pucuk Merah dengan tema 'Iconnectivity for Green' pada Rabu (1/5/2024). Kegiatan ini diadakan di rumah-rumah siswa-siswi SMK-SMTI Makassar, Sulawesi Selatan. 

General Manager SBU Regional Sulawesi dan IBT, Rizky Ardiana Bayuwerti, menjelaskan bahwa kegiatan ini tak hanya sekadar tentang menanam pohon. Kegiatan ini memiliki makna yang lebih dalam, yaitu menumbuhkan kesadaran peserta didik sebagai generasi muda dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan edukasi kepada para peserta didik tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Kami ingin mereka memahami bahwa setiap individu memiliki peran penting dalam menjaga planet ini," kata Rizky dalam keterangannya, Rabu (1/5/2024). 

Ia menegaskan PLN Icon Plus meyakini generasi muda adalah kunci untuk masa depan yang berkelanjutan. Olehnya itu, penting untuk menanamkan kesadaran sejak dini agar generasi muda dapat bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan. 

Dalam rangka peringatan Hardiknas, PLN Icon Plus melaksanakan penanaman pohon secara serentak di seluruh Indonesia. Total 1.000 pohon, dimana 10 SBU masing-masing menanam setidaknya 85 pohon. Lingkup SBU Sulawesi & IBT, aksi peduli lingkungan dilaksanakan di SMK SMTI Makassar yang merupakan sekolah mitra PLN Icon Plus. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antusiasme Pelajar Ikut Tanam Pohon

Terpisah, salah satu peserta lomba yang juga siswi kelas X SMK-SMTI Makassar, Miftahul Jannah, mengaku memberikan apresiasi kepada PLN Icon Plus yang telah mengedukasi sekaligus memberikan bibit pohon untuk ditanam di rumahnya. Diakuinya aksi kecil ini pastinya akan memiliki manfaat besar pada masa mendatang. 

"Lewat menanam pohon, kita bisa memberikan kontribusi untuk mengurangi emisi karbon, yang artinya menjaga bumi. Lewat kegiatan ini pula, kita belajar untuk lebih mencintai lingkungan, baik di sekolah maupun di rumah," kata dia. 

Pada kesempatan itu, ia mengajak para pelajar se-Indonesia untuk lebih mencintai alam dan sekitarnya. Banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk dengan menanam pohon atau merawat lingkungan sekitar agar tetap asri. 

Hal serupa disampaikan oleh siswi kelas XI SMK-SMTI Makassar, Melody Reskina Machmud. Ia juga ikut menanam bibit pohon bantuan dari PLN Icon Plus di rumahnya. Dirinya mengaku senang dapat terlibat dalam upaya menekan emisi karbon, yang merupakan salah satu komitmen PLN Icon Plus. 

"Saya memang hobi merawat tanam, ya banyak tanaman maupun pohon di rumah. Dengan menanam pohon bisa mengurangi efek gas rumah kaca (emisi karbon). Makanya, ayo bersama-sama menanam pohon agar Bumi kita sehat kembali," ajak dia.

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.