Sukses

Perjalanan Mooryati Soedibyo Dirikan Mustika Ratu, Berawal dari Garasi Rumah

Mustika Ratu didirikan pada 1975 di garasi rumahnya. Bisnis ini diawali dengan memproduksi jamu dan kosmetik dari bahan alami.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pendiri merek kosmetik Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia (YPI) Mooryati Soedibyo meninggal dunia, Rabu (24/4/2024) dini hari. Ia meninggal dunia di usia 96 tahun.

Nama Mooryati Soedibyo sudah tidak asing lagi di dunia bisnis perawatan kecantikan dan kosmetik di Indonesia. Produk-produk dari merek buatannya, Mustika Ratu, telah banyak digunakan dari generasi ke generasi.

Mengutip dari berbagai sumber, Mustika Ratu didirikan pada 1975 di garasi rumahnya. Bisnis ini diawali dengan memproduksi jamu dan kosmetik dari bahan alami. 

Resep yang ia gunakan beradal dari warisan turun-temurun keluarganya yang merupakan keturunan keluarga Keraton. Dengan memanfaatkan kekayaan alam dan budaya Indonesia, Mooryati mulai mengolah berbagai produk perawatan tubuh dan kecantikan.

Pada 1978, Mustika Ratu mulai menjalankan bisnis secara komersial. Reputasinya sebagai pengembang produk kecantikan dan jamu kesehatan tradisional pun tak perlu diragukan lagi.

Pada 1980-an, perusahaan mulai mengembangkan berbagai macam jenis kosmetik. Ia kemudian resmi membangun dan mengoperasikan pabrik kosmetik satu tahun setelahnya di Ciracas, Jakarta Timur.

Termasuk ke dalam merek lawas, Mustika Ratu terus beradaptasi dengan perkembangan tren kosmetik dan kecantikan di Indonesia masa kini. Mustika Ratu memperluas distribusi produk dan franchise spa hingga ke negara-negara lain, seperti Rusia, Belanda, Jepang, Afrika Selatan, Timur Tengah, Malaysia, Brunei Darussalam, hingga ke lebih dari 15 negara di dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yayasan Puteri Indonesia

Selain di dunia bisnis kecantikan, Mooryati juga mendirikan yayasan pemberdayaan perempuan Yayasan Puteri Indonesia (YPI). Yayasan ini kemudian menjadi dasar pelaksanaan ajang kecantikan Puteri Indonesia sejak 1992.

Mooryati juga sempat terjun ke dunia politik. Ia sempat menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 2004-2009.

Sementara itu, kini Mustika Ratu yang dibangun Mooryati Soedibyo kini telah menjelma sebagai merek perawatan kecantikan terbesar di Indonesia. Meski banyak bermunculan brand-brand kosmetik baru, produk-produk Mustika Ratu masih dapat bersaing dengan tetap mempertahankan kekayaan alam negeri sebagai bahan pembuatannya.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini