Sukses

Heboh Modus Ganjal Kartu ATM, Berikut Tips untuk Menghindarinya

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan kasus pencurian uang dengan modus ganjal kartu ATM. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari modusnya.

Liputan6.com, Bandung - Modus mengganjal kartu ATM di mesin ATM belum lama ini ramai jadi sorotan publik. Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai aksi kejahatan tersebut.

Pasalnya modus mengganjal kartu ATM di mesin ATM bisa menguras uang nasabah dengan mencuri kode keamanan (Pin) beserta dengan kartu ATM-nya. Pihaknya mengingatkan jika ada masalah kartu ATM tertelan sebaiknya langsung melapor ke pihak perbankan terkait.

“Jika menghadapi permasalahan kartu ATM tertelan atau tidak bisa keluar dari mesin ATM, sebaiknya langsung lapor ke lembaga perbankan terkait. Kalaupun ada yang menawarkan bantuan, lebih baik lapor ke bank saja,” kata Wakapolres Kudus Kompol Satya Adi Nugraha mengutip dari Antara.

Adapun imbauan tersebut diberikan usai hasil pengungkapan kasus nasabah Bank BRI yang uang di rekeningnya terkuras habis oleh komplotan penjahat. Diketahui korban mengalami peristiwa tersebut usai mendapatkan bantuan dari orang tidak dikenal.

Berdasarkan penuturan korban peristiwa terjadi di mesin ATM Rendeng Kudus pada 2 Maret 2024 lalu. Korban menceritakan saat itu ia hendak melakukan transfer uang dan menemukan kartu ATM-nya tidak bisa keluar dari mesin.

Kemudian ada orang yang membantu dan menyarankan korban untuk mencoba menarik sejumlah uang terlebih dahulu. Korban juga menceritakan komplotan pelaku ada yang mengingat pin ATM korban.

“Ternyata bujukan orang yang tidak dikenal untuk mengambil uang tunai, merupakan alibi komplotan pelaku pengganjal kartu ATM untuk mengetahui kartu PIN ATM korban karena ada pihak yang mengingat pin ATM korban,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saldo Korban Terkuras Hingga Rp993 Juta

Mengutip dari Antara korban berinisial DB mengalami kerugian besar akibat modus tersebut. Korban baru menyadari setelah pihaknya melapor ke Bank BRI pada 4 Maret 2024 untuk mengecek rekening tabungannya.

Diketahui saldo yang ada dalam rekening korban terkuras habis hingga Rp 933 juta dan telah diambil oleh komplotan pengganjal kartu ATM tersebut. Korban kemudian melaporkan kasus tersebut ke Polres Kudus.

Melalui laporan tersebut pihak kepolisian langsung mendatangi mesin ATM tersebut yang ternyata rusak. Sementara, rekening koran milik korban sudah dikuras oleh pelaku kejahatan tersebut.

"Pengambilan uang korban melalui agen Brilink yang dijumpai dalam perjalanan dari Kudus hingga ke Bogor. Penarikan maksimal Rp200 juta sesuai ketersediaan saldo agen Brilink terkait," katanya.

3 dari 4 halaman

Polisi Berhasil Menangkap Satu Pelaku

Melalui penyelidikan pihak kepolisian akhirnya Polres Kudus berhasil menangkap satu dari empat komplotan pelaku pengganjal kartu ATM di mesin ATM. Pelaku berinisial SE berhasil ditangkap setelah dua pekan polisi menerima laporan.

Pelaku ditangkap di kediamannya di Kecamatan Tiga Dihaji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Pihaknya tidak hanya mengamankan pelaku tetapi juga mengamankan uang tunai Rp 5 juta dan mobil Brio yang dibeli pelaku dari hasil kejahatan.

Sementara tiga pelaku lainnya masih dalam proses pengejaran oleh pihak kepolisian. Kemudian pelaku SE mengakui bahwa modus kejahatan tersebut melakukan pengganjalan di mesin ATM dengan potongan botol kemasan air mineral dan lem yang sudah dimodifikasi.

Pelaku menceritakan bahwa ia dan komplotannya menunggu nasabah yang mengambil uang di ATM tersebut. Dia juga menuturkan bahwa uang hasil kejahatan tersebut dibagi menjadi empat dan masing-masing digunakan untuk membeli mobil dan bersenang-senang.

“Uangnya dibagi berempat, masing-masing juga membeli mobil dan sebagian uangnya digunakan untuk bersenang-senang,” ucap pelaku.

4 dari 4 halaman

Cara Menghindari Modus Pencurian Ganjal ATM

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini adalah cara untuk menghindari pencurian dengan modus ganjal kartu ATM di mesin ATM:

1. Perhatikan selalu lingkungan sekitar

Ketika hendak menggunakan mesin ATM hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan lingkungan sekitar ATM. Hindari mesin ATM yang lokasinya berada di tempat terpencil atau gelap dan pilih mesin yang berada di tempat ramai dan terang.

2. Periksa mesin ATM

Sebelum menggunakan mesin ATM Anda juga harus memeriksa kondisi mesin ATM yang akan digunakan. Jika terdapat sesuatu yang mencurigakan mulai dari bagian yang terlihat tidak wajar atau ada perangkat tambahan yang terpasang segera hindari mesin tersebut.

3. Jaga kerahasiaan PIN

Ketika menggunakan mesin ATM pastikan untuk terus melindungi kerahasiaan kode PIN ATM pribadi. Caranya bisa dengan menutupi menggunakan tangan atau tubuh ketika memasukan PIN ATM.

Bahkan nasabah juga tidak diperkenankan memberitahu siapapun tentang PIN ATM termasuk kepada petugas Bank.

4. Selalu mewaspadai sekitar

Saat hendak menggunakan mesin ATM diimbau untuk selalu mewaspadai lingkungan sekitar terutama pada hal-hal yang mencurigakan. Termasuk adanya orang yang mungkin diam di sekitar mesin dengan gerak-gerik yang mencurigakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini