Sukses

Jelang Lebaran, Pemkab Purwakarta Sebar Pos Kesehatan di Sejumlah Titik Jalur Mudik

Pemkab Purwakarta, menyiapkan posko kesehatan di sejumlah jalur perlintasan pemudik. Posko ini diharapkan turut membantu kelancaran arus mudik Lebaran.

Liputan6.com, Purwakarta - Sejumlah intansi pemerintahan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, saat ini turut menyibukan diri guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024 nanti. Salah satunya, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kabupaten Purwakarta, Yandi Nurhadian menuturkan, setiap tahun dinasnya memang kerap turut andil untuk membantu kelancaran saat pelaksanaan ritual tahunan itu. Di antaranya, menyiagakan sejumlah posko kesehatan di titik krusial.

"Kami turut menyiapkan posko kesehatan, berikut paramedisnya. Posko kesehatan ini, tersebar di sejumlah titik di jalur lintasan para pemudik," ujar Yandi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (2/4/2024).

Dari hasil pemetaan jajarannya, kata Yandi, di Kabupaten Purwakarta akan disiapkan 9 titik posko kesehatan besar di beberapa titik jalur krusial yang jadi perlintasan para pemudik. Masing-masing, di sekitar Cikopo dan Pasar Jumat (pusat kota), Pospol Ciganea dan persimpangan Sadang. Kemudian, juga disiapkan di rest area, di antaranya KM 97 dan 88 Tol Purbaleunyi.

"Di setiap posko kesehatan ini, kami siagakan dokter dan perawat termasuk 1 unit ambulan berikut sopirnya," jelas dia.

Pihaknya berharap, dengan adanya pos kesehatan ini para pemudik bisa terbantu. Jika merasa kelelahan, mereka bisa segera beristirahat di pos pelayanan ini. "Bila terasa tanda-tanda sakit selama di perjalanan, pemudik bisa meminta obat dan memeriksakan diri ke petugas medis yang tersedia di pos kesehatan ini," imbuhnya.

Selain posko kesehatan besar di jalur mudik, sambung dia, jajarannya pun telah menyiagakan puskesmas yang ada untuk membuka pelayanan 24 jam selama arus mudik dan balik lebaran. Selain itu, pihaknya pun telah berkordinasi dengan beberapa klinik dan rumah sakit untuk turut andil demi kelancaran arus mudik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.