Sukses

Mencicipi Kuliner Nikmat di Bogor yang Terkenal Legendaris

Ketika mengunjungi Kota Bogor wisatawan wajib untuk mencicipi kuliner nikmat. Salah satunya mencicipi kuliner terkenal yang legendaris.

Liputan6.com, Bandung - Kota Bogor menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Kota ini tidak hanya dikenal dengan pesona alamnya yang indah dan udara yang sejuk tetapi juga menyimpan beragam destinasi wisata termasuk wisata kuliner.

Bogor atau dikenal dengan nama “Kota Hujan” dikelilingi oleh pegunungan dan pohon rindang yang membuat suasana sejuk. Kota ini sering jadi destinasi berlibur untuk mengunjungi wisata alam terbuka.

Kota ini juga bisa diakses dengan mudah dari Ibu Kota Jakarta dengan kereta atau kendaraan pribadi. Salah satu tempat wisata yang populer di kota Bogor adalah Kebun Raya Bogor.

Sebagai tempat wisata alam Kebun Raya Bogor menyimpan banyak keindahan taman, kolam, dan tumbuhan yang langka. Selain Kebun Raya Bogor, masih ada tempat-tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata kuliner di Bogor juga tidak kalah menggiurkannya karena terdapat tempat-tempat populer bahkan legendaris dengan rasa yang nikmat. Kota ini juga menjadi destinasi favorit para pecinta kuliner karena ada banyak pilihan hidangan yang menggugah selera.

Misalnya saja sajian kuliner Soto Mie Bogor yang dikenal dengan kuahnya yang kaya akan rempah. Serta hidangan-hidangan kuliner lainnya baik dari rasa asin, manis, gurih, dan rasa nikmat lainnya.

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, berikut ini adalah rangkuman tempat makan legendaris yang populer di Bogor wajib untuk dicoba para pecinta kuliner.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuliner Nikmat di Bogor yang Terkenal Legendaris

1. Martabak Encek

Martabak merupakan salah satu menu populer yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kota Bogor juga mempunyai salah satu tempat makan martabak legendaris yang telah berdiri sejak 1975 bernama Martabak Encek.

Tempat makan ini dikenal dengan proses pembuatan yang khas dan cita rasa yang berbeda dari tempat lain. Gerai martabaknya selalu ramai pengunjung baik dari pembeli langganan atau pembeli yang penasaran dengan rasa autentik Martabak Encek.

Melansir dari ulasan Google, tempat martabak ini meraih rating 4.7 dari total 337 pengguna. Lokasinya ada di Jl. Roda, RT.04/RW.02, Sukasari, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, dengan jam buka Selasa sampai Minggu pukul 12.30 hingga 17.30 WIB.

2. Toge Goreng Pak Inin

Toge Goreng menjadi menu makanan yang wajib untuk dicicipi ketika berkunjung ke Bogor. Salah satu tempat legendaris untuk makanan ini adalah Toge Goreng Pak Inin yang sudah berdiri sejak 1985.

Tempat makannya populer dan legendaris karena proses pembuatannya yang masih tradisional dan mempunyai racikan bumbu dengan rasa khas yang nikmat. Harga makanannya juga ramah di kantong karena dibanderol sekitar Rp 25.000.

Berdasarkan ulasan di Google tempat makan ini mempunyai rating 4.5 dari total 234 ulasan. Toge Goreng Pak Inin berlokasi di RT.01/RW.07, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat dengan jam buka setiap Selasa sampai Minggu pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Kuliner Selanjutnya

3. Soto Kuning Pak Salam

Soto Kuning Pak Salam merupakan tempat makan legendaris di bogor yang menyajikan soto kuning yang khas. Tempat makan ini sudah berdiri dan populer sejak 1980-an dengan isian yang beragam.

Satu menu soto kuning biasanya disajikan dengan empal, lidah sapi, atau paru yang dilengkapi dengan nasi hangat. Tempat makan ini mempunyai bumbu siraman kuah kuning yang kental dengan rasa khasnya.

Mengutip dari ulasan Google tempat makan ini mempunyai rating 4.6 dari total 1.036 ulasan. Lokasinya ada di Jalan Siliwangi No.298 Sukasari Bogor Tengah, Sukasari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 16.30 hingga 20.00 WIB dan tutup di hari Jumat.

4. Sate Sumsum Pak OO

Para pecinta sumsum wajib untuk mencicipi kuliner Sate Sumsum milik Pak OO yang ada di Bogor. Gerai sate ini mempunyai racikan bumbu yang nikmat dan dikenal sama sejak pertama kali berdiri.

Sate Sumsum Pak OO berdiri sejak tahun 1965 oleh Pak OO dan saat ini bisnisnya dilanjutkan oleh cucunya. Selain identik dengan sate sumsum yang nikmat tempat ini juga menjual sate jenis lain seperti sate daging, sate ati, dan sate ginjal.

Melalui ulasan di Google tempat ini mempunyai rating 4.3 dari total 228 dan lokasinya ada di Jl. Suryakencana No.193, Babakan Ps., Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 13.00 hingga 20.00 WIB dan pada hari Kamis tutup.

4 dari 4 halaman

Kuliner Berikutnya

5. Mie Ayam Apollo

Mie Ayam dikenal sebagai menu makanan populer Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Salah satu tempat Mie Ayam paling nikmat dan legendaris di Bogor adalah Mie Ayam Apollo.

Diketahui tempat makan ini sudah berdiri sejak 1968 dan masih eksis sampai saat ini. Tempat makannya bahkan sudah mempunyai beberapa cabang karena rasa bakso dan mie ayamnya yang terkenal nikmat.

Salah satu cabangnya yang populer ada di Jl. Perintis Kemerdekaan No.51, RT.05/RW.03, Kb. Klp., Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 20.30 WIB.

6. Bogor Permai Bakery & Restaurant

Bogor Permai Bakery & Restaurant merupakan tempat roti legendaris yang sudah berdiri sejak 1963. Toko roti ini menyajikan beragam menu roti nikmat termasuk roti jadul yang mempunyai rasa manis.

Diketahui Bogor Permai Bakery & Restaurant mempunyai roti cokelat, roti gepeng, roti keju konde, dan roti lainnya. Melansir dari ulasan Google toko roti ini mempunyai rating 4.5 dari total 6.431 ulasan pengguna.

Lokasinya ada di Jl. Jend. Sudirman No.23A, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 06.00 hingga 20.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.