Sukses

Pasamoan di Pasar Kreatif Jabar, Jurus Pemprov Redakan Gejolak Harga

Pasamoan merupakan salah satu upaya untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, terlebih selama bulan Ramadan hingga Idulfitri 1445 Hijriah nanti.

Liputan6.com, Bandung - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar Pasamoan atau Pasar Minggon Indag pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 22-23 Maret 2024 di Pasar Kreatif Jabar, Jalan Pahlawan, Kota Bandung, guna meredakan gejolak harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas).

Kepala Disperindag Jabar Noneng Komara Nengsih mengatakan, Pasamoan merupakan salah satu upaya untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, terlebih selama bulan Ramadan hingga Idulfitri 1445 Hijriah nanti.

"Hari ini Pasamoan dibuka sampai Jumat.  Kemudian nanti akan berlanjut di titik lainnya," ujar Noneng dalam siaran medianya ditulis Bandung, Jumat, 22 Maret 2024.

Pada hari pertama, sebanyak 5 ton beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang disediakan atas kerja sama dengan Perum Bulog, dengan harga Rp53.000 per kemasan (5 kg) langsung ludes hanya dalam beberapa jam.

Selain beras, kebutuhan pokok lainnya juga tersedia seperti gula pasir, minyak goreng bahkan sayuran, buah, dan aneka kuliner untuk berbuka puasa.

"Pasamoan dan Opadi merupakan salah satu kegiatan kita untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok terutama beras. Alhamdulillah, saat ini dari pantauan di lapangan harga beras sudah berangsur turun. Beras premium sudah di bawah Rp16.500 per kg," kata Noneng.

Bazar murah ini kemudian akan dilanjutkan di Cijerah, Kota Bandung pada 26-27 Maret serta pada 4-5 April di Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung. Masyarakat bebas membeli kebutuhan pokok di Pasamoan tersebut.

Noneng menegaskan, Disperindag Jabar sudah melakukan sejumlah kegiatan sejak awal tahun hingga saat ini untuk meredakan gejolak harga, terutama beras.

"Kami berharap masyarakat tidak panic buying menghadapi Ramadan dan Idulfitri. Stok kebutuhan pokok cukup dan harga sudah mulai turun atau stabil. Belilah sesuai kebutuhan tidak perlu menstok berlebihan," jelas Noneng.

Menurutnya, harga beras akan kembali turun dan stabil pada akhir Maret atau awal April saat berlangsung panen raya di Jabar. Saat ini, berdasarkan data dari Bulog, stok nasih sangat aman, yakni mencapai 90.000 ton.

Pasamoan adalah salah satunya. Lainnya adalah Opadi atau operasi pasar bersubsidi yang juga akan dilalukan beberapa waktu ke depan hingga sebelum Idulfitri.

Stok itu akan mendukung kegiatan Opadi di 27 kabupaten/kota di Jabar dalam waktu dekat. Minimal ada dua titik kegiatan Opadi yang diselenggarakan secara masif di setiap kabupaten/kota.

Harga 4 Kepokmas NaikDicuplik dari kanal Regional, Liputan6.com, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Jawa Barat menyebutkan harga lima kebutuhan pokok masyarakat kompak mengalami kenaikan seperti berbagai jenis cabai, kentang, telur, dan daging ayam.

Menurut Ketua APPSI Jawa Barat Nandang Sudrajat, harga kenaikan berbagai jenis cabai, kentang, telur dan daging ayam di berbagai daerah cukup bervariasi kemungkinan akibat tingginya permintaan.

"Cabai rawit yang merah itu kan sudah menyentuh Rp90-Rp100 ribu per kilo di beberapa tempat. Awalnya ukurannya sebulan yang lalu masih tinggi cuma masih di kisaran Rp40-Rp50 ribu sekarang sudah nyentuh Rp90-100 ribu per kilo. Semua jenis percabean naik lah pokoknya mah," ujar Nandang saat dihubungi Liputan6.com ditulis Bandung, 20 Maret 2024.

Nandang mengaku kenaikan harga berbagai jenis cabai saat ini sudah tidak normal. Bahkan, katanya, untuk harga jual cabai bulan lalu yaitu di kisaran Rp40-Rp50 ribu kilogram sudah dianggap tinggi.

Namun, karena kebutuhan dan masyarakat yang sudah tidak memedulikan harga jual menjadikan berbagai jenis cabai ini tidak mengalami kendala dalam penjualan.

"Kalau cabai kenaikannya sudah enggak normal tapi karena memang gejolak harga sudah seperti itu orang-orang jadi maklum. Masyarakat sudah tidak memperhatikan kenaikan harga ini dengan terpaksa," kata Nandang.

Sementara untuk harga jual kentang mengalami kenaikan dibandingkan sebulan lalu. Harga jual kentang rerata Rp40 ribu per kilogram dari harga awal Rp30 ribu per kilogram.

Kenaikan harga kentang sebut Nandang, disebabkan harga kentang di sentra perkebunan seperti di Garut naik harganya 20-30 persen.

"Saya mendapat info bahwa harga kentang tinggi karena petaninya bergeser bercocok tanam jadi ke cabai. Sehingga kurang pasokannya tapi untung ke petani dapat rezeki. Mereka pintar melihat peluang pasar," ucap Nandang.

Untuk harga telur, tambah Nandang, di tingkat pengecer dipatok Rp32 ribu per kilogram. Awalnya harga jual telur di pengecer Rp25 ribu per kilogram.

Nandang menjelaskan permintaan telur sangat tinggi sebelum bulan Ramadan 2024 atau puasa. Kemungkinan besar adanya pembelian skala besar untuk disimpan hingga Lebaran 2024.

"Ada informasi industri kue menyetok telur untuk ramadan dan menjelang lebaran. Para pelaku industri ini bersiap untuk memproduksi kue tanpa kendala. Karena kue nastar tahan sampai setahunan juga kan," ungkap Nandang.

Sedangkan untuk daging ayam kini dijual Rp40-Rp43 ribu per kilogramnya. Awalnya dijual di bawah Rp30 ribu kilogram di pedagang pasar tradisional.

Nandang mengaku sebelum adanya kenaikan harga ini, ketersediaan di sentra daging ayam 200-300 kilo per hari. Itu pun masih tersisa 75 kilogram, sehingga dijual besok hari.

"Nah kalau sekarang ketersediaan daging ayam sebanyak 300 kg habis dalam setengah hari. Itu pun permintaan yang tinggi meski harganya terus-terusan naik. Bahkan, penyedia daging ayam ini punya rencana memesan dari daerah luar Jawa Barat dulu untuk memenuhinya," tukas Nandang.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Organisasi Pedagang Ingatkan Pemerintah soal Kenaikan Harga

Dicuplik dari kanal Bisnis, Liputan6.com, sebelumnya organisasi serupa dengan APPSI yakni Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) memperingatkan Pemerintah agar mengantisipasi terjadinya lonjakan harga bahan pokok menjelasng hari raya Idul Fitri 2024.

Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan, menjelaskan, ada tiga fase kenaikan harga bahan pokok selama bulan suci ramadhan. Yakni fase pertama 7 hari menjelang awal ramadhan. Pada fase ini sejumlah komoditas sudah mengalami kenaikan, diantaranya minyak goreng curah dikisaran Rp 16.000 per kg.

Selanjutnya, cabai rawit merah mengalami penurunan, tetapi masih terbilang mahal yakni dikisaran Rp 76.000 - 77.000 per kg. Lalu, cabai merah besar bahkan tembus hingga Rp 100.000 per kg, dan cabai merah keriting Rp 80.000 per kg.

Kemudian ada bawang putih yang terus merangkak naik ke level Rp 43.000 sampai Rp43.500 per kg.

Namun, memasuki minggu kedua dan ketiga ramadhan, harga bahan pokok akan kembali melandai atau mengalami penurunan. Tapi kata Reynaldi, yang dikhawatirkan itu pada fase kedua, yakni 7 hari menjelang hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, Pemerintah perlu menyiapkan antisipasinya.

"Tetapi fase kedua perlu diantisipasi pemerintah saat memasuki idulfitri biasanya 7 hari menjelang Idul Fitru itu terjadi lonjakan harga bahan pokok," kata Reynaldi kepada Liputan6.com, Rabu (13/3/2024).

Kemudian, pasca Idul Fitri atau lebaran, harga bahan pokok juga akan mengalami kenaikan. Lantaran masyarakat sudah kembali dari mudik dan menjalankan aktivitas rumah tangga, namun pasokannya terbatas lantaran pedagang pasar belum berjualan dengan normal.

"Biasanya H+7 ada lonjakan (harga pangan) lagi karena pedagang yang pulang kampung dia belum bisa beraktivitas berdagang di pasar, sementara masyarakat kita yang kembali ke aktivitas seperti biasa ini membutuhkan pasokan kebutuhan rumah tangganya," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Harga Sembako Naik pada Awal Puasa

Sebelumnya, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mengaku tak heran terjadi kenaikan permintaan dan kenaikan harga sembako atau bahan pokok pada awal bulan suci ramadhan.

"Beberapa komoditas pangan memang mulai mengalami lonjakan harga, karena memasuki fase pertama di bulan ramadhan. Ada tiga fase, fase pertama ialah 7 hari menjelang memasuki bulan suci ramadahan dan ini terjadi puncak-puncak nya," kata Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan, kepada Liputan6.com, Selasa (12/3/2024).Pada fase pertama ini, IKAPPI mencatat sejumlah komoditas pangan masih mengalami lonjakan harga, diantaranya minyak goreng curah dikisaran Rp 16.000 per kg.

Selanjutnya, cabai rawit merah mengalami penurunan namun masih terbilang mahal yakni dikisaran Rp 76.000 - 77.000 per kg. Lalu, cabai merah besar bahkan tembus hingga Rp 100.000 per kg, dan cabai merah keriting Rp 80.000 per kg.

KAPPI juga mencatat harga beras masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp 16.000 sampai Rp16.500 untuk jenis beras premium, sedangkan medium itu dikisaran Rp14.500 per kg.

"Nah, ini fase pertama lonjakan harga bahan pokok di ramadhan, nanti akan terjadi penurunan atau melandai harga-harga di dua pekan sampai tiga pekan selama bulan ramadhan karena terjadi penurunan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.