Sukses

Sinopsis Film Budi Pekerti, Tayang di Netflix 21 Maret 2024

Film Budi Pekerti berhasil masuk dalam 17 kategori nominasi Piala Citra FFI 2023. Dari total nominasi tersebut, film ini mendapatkan dua Piala Citra.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setelah menghiasi bioskop Tanah Air, film Budi Pekerti akhirnya bisa disaksikan kembali melalui platform Netflix. Film ini dijdwalkan tayang di Netflix mulai 21 Maret 2024.

Sebelumnya, film yang ditulis dan disutradarai oleh Wregas Bhanuteja ini sudah tayang di bioskop pada 2 November 2023. Adapun aktris senior Sha Ine Febriyanti berperan penting sebagai pemeran utama bernama Bu Prani.


Selain Sha Ine Febriyanti, ada juga Prilly Latuconsina, Angga Yunanda, Dwi Sasono, Omara Esteghlal, dan Ari Lesmana. Film yang mengangkat isu cyber bullying ini mengisahkan seorang guru BK (Bimbingan Konseling) bernama Bu Prani.

Ia mengalami cyber bullying karena ada seseorang yang menyebarkan video tentang dirinya ke media sosial. Video tersebut menyebar cepat hingga viral di media sosial.

Dalam video tersebut, Bu Prani terlihat berselisih paham dengan salah satu pengunjung saat sedang mengantre untuk membeli kue putu. Bahkan, video itu juga memperlihatkan tindakan yang kurang pantas dari Bu Prani kepada penjual kue putu.

Akibat video itu, banyak respon negatif dari warganet terhadap Bu Prani yang akhirnya membuat reputasinya jelek. Hal itu pun berpengaruh pada pekerjaannya sebagai seorang guru.

Video viral itu juga memberikan dampak lain di kehidupan Bu Prani, termasuk menimpa anaknya Tita dan Muklas. Bu Prani, Tita, dan Muklas pun berusaha untuk dapat keluar dari permasalahan tersebut segera.

Film Budi Pekerti berhasil masuk dalam 17 kategori nominasi Piala Citra FFI 2023. Dari total nominasi tersebut, film ini mendapatkan dua Piala Citra.

Film ini juga telah tayang di Toronto International Film Festival (TIFF) pada 9 September 2023. Film ini juga tayang dan berkompetisi di SXSW Sydney 2023 Screen Festival pada 15-22 Oktober.

Film ini juga berkompetisi di Taipei Golden Horse International Film Festival 2023 dan The International Film Festival of India (IFFI) 2023 pada November 2023. Film Budi Pekerti berhasi membawa pulang penghargaan Best International Feature Film di Santa Barbara International Film Festival.

Film Budi Pekerti bakal tayang di Netflix mulai 21 Maret 2024.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.