Sukses

Resep Celimpungan Palembang, Takjil Pempek Berkuah Kuning yang Mengenyangkan

Celimpungan Palembang menjadi salah satu menu takjil Ramadan di Palembang yang mengenyangkan dan banyak diminati.

Liputan6.com, Palembang - Olahan pempek Palembang memang cukup banyak, mulai dari pempek panggang, pempek lenggang, celimpungan, laksan dan lainnya. Beragam jenis olahan pempek Palembang tersebut, biasanya menjadi menu takjil berbuka puasa di bulan Ramadan.

Namun di hari biasa, beragam jenis makanan khas Palembang tersebut biasanya dipilih jadi menu sarapan yang mengenyangkan.

Seperti celimpungan, olahan pempek Palembang yang bertekstur keriting dan lembut, yang disajikan dengan kuah kuning yang gurih.

Nama celimpungan sendiri diambil dari proses pembuatannya. Karena adonan daging ikan ini dicemplungkan ke dalam panci rebusan kuah, yang akhirnya disebut celimpungan.

Peluang usaha kuliner takjil Ramadan juga dimanfaatkan oleh Ade Oktaviani, pemilik usaha Dapur Z1co yang berlokasi di Jalan Mayor Zei Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Ade Oktaviani mengatakan, celimpungan menjadi makanan khas Palembang yang banyak diminati terutama di bulan Ramadan.

“Kalau bulan Ramadan, permintaannya sangat meningkat, bisa 50 porsi seharinya. Kalau weekend mencapai 100 porsi sehari. Ada juga pesanan takjil dari keluarga atau perkantoran saat menggelar buka bersama. Harganya Rp2.000 per biji,” ucapnya, Rabu (20/3/2024).

Pelanggan Dapur Z1co, Wienda Syarif mengatakan, celimpungan jadi salah satu makanan yang biasanya dibeli untuk takjil Ramadan.

“Orang Palembang pasti makannya celimpungan. Apalagi bulan puasa, saya selalu menyajikan menu takjil serba kuliner Palembang,” ungkapnya.

Makan seporsi celimpungan, lanjut Wienda, bisa mengenyangkan, karena tinggi karbohidrat, protein dengan rasa yang khas dari rempah-rempah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat celimpungan yakni tepung tapioka, daging giling ikan gabus, putih telur, bawang putih, garam, gula dan penyedap rasa.

Sedangkan bahan untuk kuah kuningnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, laos, kunyit, ketumbar, kemiri, daun salam, daun kucay, santan kelapa, kaldu ayam, garam dan gula.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep Celimpungan

1. Siapkan baskom, masukkan ikan gabus giling, tambahkan air, aduk hingga merata.

2. Tambahkan putih telur, penyedap rasa, garam, gula dan bawang putih yang sudah dihaluskan, aduk rata.

3. Ketika sudah rata, masukkan tepung tapioka, aduk kembali hingga semua tercampur.

4. Siapkan panci dan masukkan air secukupnya.

5. Ambil sedikit bahan adonan, bentuk bulat, masukkan ke dalam panci air

6. Tunggu sampai adonan naik ke permukaan, angkat dan tiriskan.

 

3 dari 3 halaman

Cara Buat Kuahnya

1. Haluskan semua bumbu, kecuali daun kucai dan daun salam

2. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng, tumis bumbu hingga harum

3. Masukkan santan, garam dan gula, aduk hingga merata

4. Masukkan celimpungan matang, aduk hingga rata

5. Tambahkan daun kucay dan daun salam

6. Angkat celimpungan, siap disajikan dengan kuah kuning.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini