Sukses

5 Takjil Sehat yang Patut Dicoba untuk Buka Puasa

Jika hanya memilih makanan manis yang mengandung terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko sejumlah gangguan kesehatan, seperti kenaikan berat badan berlebih hingga diabetes.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain lezat, memilih takjil buka puasa juga perlu mempertimbangkan kandungannya. Hal ini penting agar tubuh tetap fit selama menjalani ibadah puasa.

Makanan manis kerap dipilih sebagai menu berbuka puasa karena dapat mengembalikan energi setelah berpuasa. Selain manis, kamu juga memperhatikan kandungan gizi dalam menu takjil.

Jika hanya memilih makanan manis yang mengandung terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko sejumlah gangguan kesehatan, seperti kenaikan berat badan berlebih hingga diabetes. Berikut rekomendasi takjil sehat untuk buka puasa yang bisa kamu pilih:

1. Es buah

Es buah selalu menjadi menu andalan saat berbuka puasa. Es buah terasa sangat manis karena beberapa bahan pemanis di dalamnya, seperti sirup hingga krim kental manis.

Namun, kamu tetap bisa mengonsumsi es buah yang sehat tanpa pemanis berlebih. Ganti kuah es buah dengan campuran air, perasan lemon, dan madu. Kamu juga bisa membuat jus buah untuk dijadikan kuah.

2. Kolak pisang tanpa santan

Kolak masih menjadi primadona menu takjil. Agar tetap menyehatkan, konsumsi kolak pisang tanpa santan. Kamu bisa mengganti santan dengan bahan lain yang lebih menyehatkan, misalnya susu. Pilihlah susu skim dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Kamu juga bisa mengganti gula merah dengan pemanis buatan lain yang lebih rendah kalori.

3. Lumpia buah basah

Lumpia buah basah juga bisa menjadi pilihan menu takjil sehat. Sama seperti lumpia pada umumnya, hanya saja untuk isiannya diganti dengan buah-buahan, seperti mangga, buah naga, kiwi, nanas, stroberi, dan lainnya.

Takjil ini diproses dengan cara dipanggang. Untuk menambah ekstra kalori dan energi, buatlah saus dengan campuran madu dan perasan lemon.

4. Puding buah

Puding biasanya identik dengan rasa manis karena mengandung banyak gula. Namun, kamu tetap bisa membut puding sehat dengan buah-buahan segar sebagai bahan utama.

5. Smoothies buah

Selain manis, smoothies juga terasa menyegarkan. Dibuat dari buah-buahan, smoothies tentu sehat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Selain buah, smoothies biasanya juga dibuat dari campuran yoghurt atau susu. Bila perlu, kamu juga bisa menambahkan sayuran.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini