Sukses

Segudang Manfaat Bayam bagi Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Cerahkan Kulit

Dengan kandungan gizi yang kaya dan manfaat kesehatan yang luar biasa, tidak ada keraguan bahwa bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dimasukkan dalam pola makan sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Bayam, sayuran hijau yang sering dianggap sebagai makanan kesehatan, ternyata memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Dengan kandungan gizi yang kaya serta berbagai nutrisi esensial, bayam tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dilansir dari kemkes.go.id, bayam tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa, sayuran hijau ini juga baik dikonsumsi oleh bayi, anak-anak, ibu hamil, hingga lansia.

Sayangnya, masih banyak anak-anak bahkan orang dewasa yang tidak menyukainya, padahal rasanya tidak kalah nikmat dengan sayuran lainnya jika diolah dengan tepat.

Bayam dikenal sebagai sayuran rendah kalori dan kaya serat. Oleh karena itu pula, bayam menjadi salah satu pilihan makanan untuk diet.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaatnya jika kita mengkonsumsi bayam, simak uraian berikut :

1. Mencegah stres oksidatif

Bayam mengandung antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif dan membantu mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.

2. Menjaga kesehatan mata

Hal ini dikarenakan bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein, yang merupakan karotenoid yang bertanggung jawab atas warna pada beberapa sayuran yang bermanfaat melindungi mata manusia dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari.

3. Mencegah kanker

Bayam mengandung dua komponen, MGDG dan SQDG, yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi, yang telah terbukti membantu tingkat tekanan darah sedang dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Menjaga kesehatan otak

Efek antiinflamasi pada bayam dapat melindungi otak dari kerusakan.

6. Mencegah anemia

Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung asupan zat besi yang baik, sehingga dapat mencegah anemia. Akan tetapi, sayur bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bila dikonsumsi.

Jadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyiasatinya, yaitu dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

7. Mengobati diabetes

Bayam mengandung alpha-lipoic yang terbukti dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin serta mencegah perubahan oksidatif yang dipicu stres pada pasien diabetes.

Selain manfaat tersebut, bayam ternyata juga dapat menurunkan risiko neuropati perifer dan otonom pada penderita diabetes.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8. Menurunkan risiko gangguan kardiovaskular

Bayam kaya akan serat dan mineral dimana serat dan mineral tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah.

9. Menjaga kesehatan tulang

Bayan mengandung vitamin K dan Magnesium, dimana vitamin K jika bekerja dengan vitamin D dapat meningkatkan kepadatan tulang dan secara positif mempengaruhi keseimbangan kalsium.

10. Mengurangi risiko asma

Kandungan Magnesium dan Beta-karoten pada bayam sangat bagus bagi penderita asma dan mengurangi gejalanya.

11. Menjaga kesehatan kehamilan

Mengonsumsi bayam pada masa kehamilan, dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil karena bayam mengandung asam folat.

12. Menambah energi tubuh

Mengonsumsi bayam akan meningkatkan kebutuhan magnesium dalam tubuh, sehingga dapat menghasilkan energi lebih untuk seseorang dapat menjalankan aktivitasnya.

Bayam juga merupakan sumber folat yang bagus, nutrisi yang membantu tubuh manusia mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan.

13. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bayam juga dikenal tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium, dimana beragam nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

14. Mencerahkan kulit

Bayam kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C, dan asam folat. Selain itu, bayam juga memiliki khasiat yang efektif untuk membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

15. Mampu menangkal radikal bebas

Bayam yang mengandung antioksidan tinggi dapat memberi perlindungan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya tanda-tanda penuaan.

 

 

3 dari 3 halaman

16. Menghilangkan jerawat

Bayam jika diaplikasikan sebagai masker wajah dapat mengatasi masalah jerawat.

17. Membantu meremajakan kulit

Vitamin A dan C yang terkandung dalam bayam berperan efektif membantu agar kulit tampak cerah, lebih muda, sehat, dan terhidrasi.

18. Mengurangi kerusakan pada kulit

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada bayam juga dapat membantu mempercepat regenerasi kulit yang rusak.

19. Menebalkan dan mengurangi rambut rontok

Kandungan zat besi pada bayam juga dapat bekerja memperkuat folikel sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut dengan cara mengakselerasi distribusi oksigen dari darah ke rambut.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat seperti disebutkan di atas, Anda harus memperhatikan juga bagaimana memilih bayam yang segar serta cara pengolahan yang benar untuk mendapatkan kandungan nutrisi maksimal.

Pastikan tidak merebus bayam terlalu lama atau tidak menumisnya dalam suhu terlalu tinggi karena dapat merusak zat-zat gizi yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, ada satu hal lagi yang terpenting yakni, meskipun bayam memiliki kandungan zat gizi yang baik hendaknya juga diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sumber nutrisi yang lain.

Apabila memiliki kondisi medis khusus misalnya asam urat atau kolesterol tinggi sebaiknya berkonsultasi ke dokter atau pelayanan kesehatan terdekat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini