Sukses

Ternyata Buah Ciplukan Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Apa Saja?

Dengan segala manfaat kesehatan yang dimilikinya, buah ciplukan layak untuk dipertimbangkan sebagai bagian dari pola makan sehat Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Buah ciplukan, atau yang dikenal dengan nama ilmiah Physalis angulata, adalah buah kecil yang mungkin belum begitu populer di kalangan masyarakat.

Namun, jangan anggap remeh buah kecil ini, karena ternyata ciplukan memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Buah ciplukan banyak tumbuh di ladang, sawah kering, dan sekitar hutan. Buah ini memiliki tudung atau pembungkus. Ketika buah ciplukan masih muda, tudungnya tertutup rapat.

Sedangkan jika buahnya sudah matang, tudungnya bakal mengering dan ada yang terbuka. Rasa buah ciplukan yang matang adalah asam manis. Namun, lebih dominan rasa manisnya dan memiliki biji di dalamnya.

Berikut beberapa manfaat dari buah ciplukan, dilansir dari dinkes.jogjaprov.go.id:

1. Mengatasi batu ginjal

Buah ciplukan mengandung anti bakteri yang dapat meluruhkan endapan kalsium dalam ginjal.

Caranya, gunakan campuran 10 gram ciplukan kering, 15 gram bawang dayak kering, 15 gram meniran kering, 15 gram kumis kucing kering, 30 gram kejibeling kering, dan 10 gram daun sendok kering.

Lalu, bahan-bahan di atas campurkan ke dalam lima gelas air, dan tunggu sampai air rebusan susut menjadi tiga gelas. Saring, lalu minum tiga kali sehari.

2. Mengatasi hipertensi

Pemanfaatan buah ciplukan untuk mengatasi hipertensi adalah dengan cara direbus. Siapkan 5 gram buah ciplukan kering laku rebus menggunakan 110 liter air selama 10 hingga 15 menit.

Setelah itu saring, tunggu sampai dingin, lalu minum 2 kali sehari. Perhatikan, air rebusan ciplukan tidak boleh diminum setelah 24 jam.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mengobati kencing manis

Siapkan 10 gram ciplukan kering, lalu rebus dengan 400 mililiter air. Sembari di rebus selama 10-15 menit, aduk sesekali. Kemudian saring, tunggu sampai dingin, baru diminum 2 kali sehari.

4. Mengatasi gusi berdarah

Konsumsilah buah ciplukan yang segar sebanyak 30 biji dalam seharinya. Kandungan vitamin c di dalam buah ciplukan mampu mengatasi gusi berdarah. Lakukanlah selama beberapa hari sampai gusi berdarah anda menjadi reda.

5. Mengatasi borok

Terakhir, manfaat buat ciplukan untuk kesehatan adalah mampu mengatasi borok. Cara penggunaannya yaitu dengan mengambil satu genggam daun ciplukan dan tambahkan dua sendok teh air kapur sirih.

Tumbuklah sampai halus bahan tersebut, lalu tempelkan ke bagian yang sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.