Sukses

Profil Habib Hasan, Pimpinan Majelis Nurul Musthofa yang Meninggal Dunia Hari Ini

Pimpinan Majelis Nurul Musthofa, Habib Hasan dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (13/3/2024) pukul 09.01 WIB.

Liputan6.com, Bandung - Pimpinan Majelis Nurul Musthofa, Habib Hasan Jafar Umar Assegaf atau akrab dikenal dengan Habib Hasan dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (13/3/2024). Kabar duka tersebut dibagikan langsung melalui media sosial resmi Majelis Taklim Nurul Musthofa.

Mohon Do’a agar kami semua senantiasa diberikan ketabahan dan keikhlasan,” tulis @nurulmusthofa.ind.

Melansir dari unggahannya Habib Hasan dikabarkan meninggal dunia pada Rabu pagi pukul 09.01 WIB. Kabarnya almarhum akan disalatkan di Masjid Nurul Musthofa Center pada Kamis (14/3/2024) dan dimakamkan di Gubah Umi Fatmah Al-Athos.

Insya Allah akan disholatkan di Masjid Nurul Musthofa Center (Kamis, 14 Maret 2024) dan Dimakamkan di Gubah Umi Fatmah Al-Athos,” tertulis dalam foto duka.

Diketahui Habib Hasan meninggal dunia setelah menunaikan salat Duha dan saat ini belum diketahui penyebab meninggalnya Habib Hasan. Salah satu perwakilan keluarga menuturkan bahwa Habib Hasan akan dimakamkan di dekat makam ibundanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Habib Hasan

Melansir dari beberapa sumber Habib Hasan merupakan kelahiran 26 Februari 1977 di Kramat Empang Bogor, Jawa Barat. Ketika kecil ia belajar mengaji dan mengenal huruf oleh Syaikh Usman Baraja.

Habib Hasan pernah menempuh pendidikan perguruan tinggi di IAIN Sunan Ampel Malang. Kemudian setelah lulus ia memutuskan belajar bersama alim ulama yang berada di Jakarta dan bersama para kiai-kiai dan para habaib.

Melansir dari situs resmi Majelis Nurul Musthofa Habib Hasan mendirikan majelis tersebut pada tahun 2000. Nama majelisnya diambil dari nama Rasulullah SAW yang berarti “Cahaya Pilihan”.

Diketahui Habib Hasan mendirikan majelis tersebut bermula dari pengajian Al-Quran dan Zikir-zikir yang keliling dari rumah ke rumah. Pada tahun 2001 majelis ini dikunjungi oleh Al Habib Umar bin Hafidz dan Al Habib Anis Bin Alwi al-Habsyi dan mengijazahkan nama majelis Nurul Musthofa dan meresmikannya.

Pada tahun yang sama majelis ini berkembang pesat dari yang awalnya 10 orang sampai menjadi ratusan orang. Habib Hasan dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (13/3/2024) pukul 09.01 WIB.

3 dari 3 halaman

Mendapatkan Ucapan Duka dari Warganet

Sosok Habib Hasan sangat populer di Indonesia khususnya di antara umat muslim di beberapa daerah. Kabar dukanya menjadi trending di media sosial salah satunya di X (sebelumnya Twitter).

Para warganet di media sosial terlihat berduka dan mengirimkan doa kepada tokoh agama tersebut. Sosoknya dikenal sebagai ulama dan pemimpin yang baik terutama dalam mengajarkan kebaikan dan membagikan ilmu agama.

Melansir dari kolom komentar di Instagram Majelis Nurul Musthofa ratusan warganet terlihat berduka. Beberapa di antaranya tidak menduga bahwa Habib Hasan telah meninggal dunia mengingat sosoknya yang menginspirasi.

Innalilahi wa innailaihi kaget Yaa Allah,” kata salah satu warganet.

innalillahi wainnalillahi rojiun, yaallah bib mendadak banget,” kata warganet lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini