Sukses

Trik Memasak Pare untuk Mengurangi Rasa Pahitnya

Dengan mengikuti beberapa trik sederhana ini, Anda dapat mengurangi rasa pahit pare dan membuatnya lebih nikmat untuk dinikmati.

Liputan6.com, Jakarta - Pare adalah salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi, namun seringkali dihindari karena rasa pahitnya yang kuat.

Namun, dengan beberapa trik memasak sederhana, Anda dapat mengurangi rasa pahit pare dan membuatnya lebih enak untuk dinikmati.

Lantas bagaimana cara menghilangkan rasa pahit dari pare tersebut? dilansir dari beberapa sumber, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengolah pare agar tidak pahit:

1. Cuci pare dengan benar

Langkah pertama yang dapat dilakukan ialah mencucinya dengan benar. Saat mencuci pare, gunakanlah air bersih yang mengalir.

Selanjutnya, usaplah permukaan luar dan bagian dalam pare sampai bersih. Setelah dibersihkan keringkan dan letakan pada wadah yang bersih.

2. Rendam dengan larutan garam

Setelah dicuci dan dikeringkan, langkah selanjutnya adalah merendam pare dengan air garam. Lakukan proses ini kurang lebih selama 15 menit.

Setelah 15 menit direndam dengan air garam, cucilah kembali dengan air bersih agar rasa asin dari larutan garamnya hilang. Cara ini dipercaya mengurangi kadar pahit pare.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Hilangkan Bagian dalam Pare

Potonglah pare dengan cara dibelah menjadi dua bagian, lalu ambillah sendok dan kerok bagian dalam pare hingga habis. Cara tersebut dilakukan agar rasa pahit dari pare dapat berkurang.\

Langkah selanjutnya, anda bisa memotong pare secara horisontal atau menyesuaikan potongan dengan selera masing-masing sebelum dimasak.

4. Memilih jenis pare

Jenis dari pare ada tiga macam, pertama ada pare putih, memiliki bentuk yang panjang. Kedua ada pare ular, bentuknya bulat panjang. Ketiga ada pare hijau dengan rasanya yang pahit dan daging buahnya yang tipis.

Sebaiknya anda membeli pare ular, lantaran rasanta yang tidak terlalu pahit dibangdingkan pare putih dan pare hijau.

5. Memasak sesuai selera

Anda bisa mengolah pare dengan cara direbus, diasamkan atau dikukus. Namun proses pengolahan yang lama, dapat mengubah kandungan gizi di dalam pare.

Sebaiknya, anda cukup merebus pare selama tiga menit saja, lalu masak dengan cara ditumis menggunakan bumbu masak dan rempah-rempah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.