Sukses

9 Maret 2024 Ulang Tahun ke-31, Ini 10 Fakta Menarik Suga BTS

Debut bersama BTS pada 13 Juni 2013 dan masih aktif bermusik hingga kini, ternyata ada fakta menarik dari Suga yang belum banyak diketahui.

Liputan6.com, Yogyakarta - Salah satu member BTS, Suga, akan merayakan ulang tahun ke-31 tahun ini, tepatnya pada 9 Maret 2024. Meski sedang menjalani wajib militer (wamil), para fans BTS yang dijuluki ARMY tetap merancang berbagai proyek ulang tahun untuk sang idol.

Debut bersama BTS pada 13 Juni 2013 dan masih aktif bermusik hingga kini, ternyata ada fakta menarik dari Suga yang belum banyak diketahui. Mengutip dari berbagai sumber, berikut 10 fakta menarik Suga BTS:

1. Sebelum debut di BTS, Suga adalah rapper underground 

Suga memang merupakan seorang rapper di grup BTS. Namun sebelum debut bersama BTS, Suga sudah melanglang-buana di dunia rap underground.

Saat menjadi rapper underground, Suga menggunakan nama panggung Gloss dan bergabung dengan D-Town. Selama menjadi rapper underground, Suga juga sudah membuat beberapa lagu, salah satunya 518-062.

2. Jadi idol jalur 'ditipu' agensi

Dalam beberapa kesempatan, Suga berkali-kali menyebut bahwa dirinya menjadi idol karena telah ditipu oleh Bang Si-hyuk (Bang PD). Awalnya, Bang PD mengatakan bahwa dalam grup nantinya Suga tidak perlu banyak menari dan cukup fokus pada rapping saja.

Suga juga mengatakan bahwa ia tak pernah berniat menjadi idol. Saat mengikuti audisi Big Hit Entertainment (sekarang Hybe Labels), Suga mengaku mengincar posisi produser.

Namun pada kenyataannya, ia justru debut sebagai idol Kpop dengan posisi rapper. Meski demikian, ia tetap menjadi produser untuk BTS dan telah menulis beberapa lagu untuk artis lain.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produser Berbakat

3. Produser berbakat

Suga tetap bisa menjalani keingannya sebagai produser meski telah debut sebagai idol bersama BTS. Ia telah membuat beberapa lagu untuk BTS, album solonya, serta beberapa artis lain. Ia juga telah mendapatkan beberapa penghargaan melalui lagu-lagu yang diproduserinya.

4. Menulis lagu I like it dalam 40 menit

Suga mengaku menulis lagu I Like It hanya dalam 40 menit. Dalam lagu ini, Suga dengan jelas menggambarkan seorang kekasih yang masih setia memperhatikan sang mantan walaupun sudah memiliki kekasih baru.

5. Gunakan nama Agust D untuk proyek solo

Selain bergabung di grup BTS, Suga juga memiliki beberapa proyek solo. Saat menggarap proyek solo, Suga menggunakan nama Agust D.

Nama Agust D berasal dari nama SUGA yang dibalik menjadi Agus. Sementara TD merupakan kebalikan dari DT yang merupakan akronim dari Daegu Town, kota kelahiran Suga. Jika digabungkan, maka dua kata tersebut menjadi Agust D.

Berada di bawah nama Agust D, Suga seolah menunjukkan sisi kepribadian dan bermusiknya yang lain. Ia telah merilis trilogi mixtape, yakni Agust D (2016), D-2 (2020), dan D-DAY (2023).

6. Berasal dari keluarga miskin

Suga meniti karier hingga sebesar sekarang dimulai dari nol. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Suga berasal dari keluarga biasa-biasa saja bahkan cenderung kekurangan.

Hal ini pula yang menyebabkan orangtuanya tak merestui keinginannya menjadi idol. Meski demikian, ia tetap berjuang dan sempat bekerja paruh waktu sambil menjalani kuliah untuk menghidupi dirinya sendiri saat masa trainee.

Ia bahkan pernah mengalami kecelakaan serius saat bekerja paruh waktu yang membuat bahunya cedera. Kecelakaan itu hampir merenggut kesempatannya menjadi idol.

 

3 dari 3 halaman

Basket

7. Hobi dan jago bermain basket

Selain musik, Suga juga menyukai olahraga, khususnya basket. Saat masih muda, ia juga tergabung dalam tim basket di sekolahnya.
Saking cintanya dengan basket, Suga juga pernah bercita-cita ingin menjadi pemain basket profesional. Sayangnya impian itu harus terhenti karena kesibukannya di musik serta kendala tinggi badan.

"Aku benar-benar ingin menjadi pemain bola basket ketika masih muda, tapi aku tidak dapat tumbuh lebih tinggi," kata musisi bernama asli Min Yoongi ini dalam sebuah wawancara.

Meski cita-citanya sebagai pemain basket harus pupus, ia masih tetap bermain basket dalam beberapa kesempatan dan kompetisi. Bahkan, ia menjadi global ambassador National Basketball Association (NBA).

8. Dijuluki sebagai cenayang di BTS

Suga dijuluki sebagai cenayang di BTS karena beberapa kali ucapannya menjadi kenyataan. Ia pernah mengatakan BTS bisa tampil di acara bergengsi Grammy Awards, hingga akhirnya ucapan itu terwujud di Grammy Awards 2021 sekaligus masuk nominasinya.

Ia juga kerap berceloteh tentang tangga lagu di No.1 Billboard Hot 100 dan itu benar-benar menjadi nyata. Beberapa lagu BTS pun berhasil memuncaki Billboard Hot 100, termasuk prediksi Suga terhadap lagu Like Crazy milik Jimin dan Seven milik Jungkook yang debut di puncak Billboard Hot 100.

9. Memiliki ciri khas gummy smile

SAlah satu daya tarik Suga adalah senyumannya. Saat tersenyum atau tertawa, akan tampak gummy smile-nya. Ciri khas ini membuat Suga terlihat semakin manis dan menggemaskan.

10. Sering disamakan dengan kucing

Masing-masing member BTS memiliki emoji khusus untuk menggambarkan kepribadian mereka, termasuk Suga. Ia kerap digambarkan sebagai kucing karena kepribadiannya yang mirip dengan hewan menggemaskan itu.

Tak hanya sebatas emoji kucing, Suga juga kerap disamakan dengan kucing, baik terkait perilaku atau posenya. Bahkan para ARMY juga memiliki julukan khusus untuk Suga, yaitu Lil Meow Meow.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.