Sukses

Anak Mentan Amran Jadi Caleg DPR RI Dengan Suara Tertinggi di Indonesia Timur

Andi Amar Ma'ruf Sulaiman berhasil meraih 188.171 suara pada Pileg 2024.

Liputan6.com, Makassar - Andi Amar Ma’ruf Sulaiman memuncaki perolehan suara caleg DPR RI di Sulawesi Selatan. Tak hanya itu, anak menteri pertanian, Andi Amran Sulaiman itu juga menjadi caleg dengan perolehan suara terbanyak di Kawasan Timur Indonesia. 

Berdasarkan D1 hasil tingkat kabupaten/kota, perolehan caleg Partai Gerindra nomor urut 2 dapil Sulsel 2 itu mencapai 188.171 suara.

Raihan itu pun dinilai menjadi catatan sejarah baru di pileg Sulawesi Selatan. Pasalnya Andi Amar Ma'ruf Sulaiman merupakan anak muda yang baru pertama kali mengikut proses pileg. 

Pengamat politik yang juga merupakan Guru Besar Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Muhlis Madani menilau bahwa Andi Amar Ma’ruf Sulaiman membuktikan jika caleg milenial pun mampu meraih simpati masyarakat pada Pemilu 2024.

"Andi Amar adalah sosok muda yang sangat menjanjikan dan terbukti berhasil mendapatkan suara tertinggi dalam momen kontestasi politik pertamanya,” ungkap Prof. Muhlis, Rabu (6/3/2024). 

Menurut Prof Muhlis, kehadiran Andi Amar Ma’ruf Sulaiman pun sangat dekat dengan masyarakat. Dirinya yang juga CEO AAS Community, kerap melakukan kegiatan aksi sosial kemanusiaannya selama masa kampanye. 

"Sebagai milenial, bisa menjadi contoh bagi anak muda lainnya, untuk bagaimana sebagai wakil rakyat yang amanah," tuturnya.

Untuk diketahui, raihan suara Andi Amar Ma'ruf Sulaiman berhasil melampaui sejumlah petahana. Untuk Caleg dari Sulsel, caleg Gerindra dapil Sulsel 2 Andi Iwan Darmawan Aras sebanyak 161.597 suara dan dan caleg Partai Nasdem Dapil Sulsel 3, Rusdi Masse dengan 161.343 suara.

Sementara untuk peraih suara terbanyak seluruh Indonesia untuk saat ini ditempati caleg Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono. Ia bertarung caleg DPR RI dapil Jawa Timur VII. Perolehan Ibas mencapai 253.927 suara dalam Real Count KPU per Minggu (3/3/2024) pagi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.