Sukses

5 Destinasi Wisata di Kota Sawahlunto, Mulai dari Sejarah Hingga Panorama Alam

Kota Sawahlunto menawarkan kombinasi yang menarik antara sejarah pertambangan yang kaya dan keindahan alam yang memikat.

Liputan6.com, Sawahlunto - Kota Sawahlunto, terletak di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia, adalah sebuah kota kecil yang kaya akan sejarah pertambangan batu bara.

Selain itu, kota ini juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan tempat-tempat wisata yang menarik untuk dieksplorasi.

Memiliki luas wilayah sekitar 273,45 kilometer persegi, Sawahlunto terletak di lembah pegunungan bukit barisan yang dihuni oleh berbagai etnis, di antaranya Minangkabau, Batak, Sunda, Tionghoa dan Jawa.

Kota ini dahulunya adalah areal persawahan kemudian beralih menjadi kota tambang dimulai pada akhir abad ke-19. Tidak hanya sebagai kota tambang, Sawahlunto juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi jika Anda berada di Sawahlunto:

1. Tambang Batu Bara Ombilin

Salah satu atraksi utama di Sawahlunto adalah Museum Tambang, yang terletak di bekas kantor administrasi pertambangan batu bara. Museum ini menampilkan sejarah pertambangan batu bara di Sawahlunto, termasuk artefak dan foto-foto yang memperlihatkan kehidupan di pertambangan pada masa lampau.

Di area tambang batu bara ombilin anda bisa berkeliling untuk melihat berbagai peninggalan yang masih tersisa. Di antaranya, Tambang Batu Bara, Gedung Ransum dan Kereta Api tua yang bernama "Mak Itam".

Pengunjung dapat belajar tentang proses penambangan batu bara dan kehidupan para pekerja tambang di masa lalu.

2. Puncak Cemara Sawahlunto

Destinasi wisata ini berada di Saringan, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto. Di sana anda akan disuguhkan pemandangan dari atas bukit yang dikelilingi pohon cemara.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Batu Runciang

Destinasi wisata ini berada di Jalan Microwave, Silungkang Oso, Kabupaten Silungkang, Kota Sawahlunto. Batu runcing ini merupakan kawasan batu kars raksasa yang memiliki ujung runcing di atasnya.

Selain itu, anda juga mendapatkan pemandangan Kota Sawahlunto yang indah dari atas tempat tersebut.

4. Makam Belanda

Berlokasi di area perbukitan Lubang Panjang, anda bisa melihat makam Belanda Kuno dengan ciri khas batu nisan yang unik.

5. Museum Tambang Ombilin

Objek wisata terakhir yang bisa anda kunjungi ialah museum tambang ombilin. Lokasinya berada di Kota Sawalunto Saringan, Barangin.

Anda nantinya dapat menyaksikan barang-barang tambang yang digunakan semasa kolonial Belanda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.