Sukses

Bursa Calon Gubernur Kalimantan Tengah, Ini Deretan Nama yang Muncul

Munculnya nama-nama tokoh bakal calon Gubernur Kalteng tersebut agar masyarakat dapat melihat track record atau rekam jejak sejumlah tokoh yang digadang-gadang akan maju di Pilkada Kalteng 2024 sejak dini.

Liputan6.com, Palangkaraya -l Sejumlah nama-nama bakal calon Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai bermunculan setelah hajatan besar pemilihan umum (Pemilu) 2024 selesai. Sejumlah tokoh kini mulai bermunculan ke publik yang di gadang-gadang bakal menjadi kandidat kuat bakal calon Gubernur Kalteng untuk periode 2024-2029.

Menurut CEO Kaltengpedia Ahmad Hady Surya, munculnya nama-nama tokoh bakal calon Gubernur Kalteng tersebut agar masyarakat dapat melihat track record atau rekam jejak sejumlah tokoh yang digadang-gadang akan maju di Pilkada Kalteng 2024 sejak dini.

“Kalau saya melihatnya bagus ya, kenapa nama-nama itu perlu dimunculkan? Agar nanti masyarakat atau warga Kalteng bisa melihat dan menilai track record dari tokoh-tokoh itu. Apakah layak didukung atau tidak. Ini yang penting,” ujar Hady, Jumat (1/3/2024).

Ia menilai Provinsi Kalteng memerlukan sosok tokoh yang mempunyai pandangan visioner Menurut Hady, apa yang akan dilakukan pemimpin selanjutnya akan berpengaruh untuk kemajuan kalteng.

“Oleh karena itu, munculnya nama-nama itu menurut saya bagus jauh-jauh hari agar masyarakat tidak memilih kucing dalam karung,” ucapnya.

Dia mengaku belum bisa memprediksi siapa saja tokoh yang akan maju dan disusung partai politik di Pilkada Kalteng 2024 mendatang. Pasalnya, elektabilitas calon Gubernur Kalteng yang muncul di publik belum begitu terlihat.

“Untuk maju dan menang kan butuh elektabilitas, itu muncul dari dukungan publik kepada para kandidat itu. Hari ini kan semua masih memiliki kesempatan dan peluang yang sama. Tapi standar atau parameter ukurannya elektabilitas, sekarang siapapun masih bisa berpeluang untuk maju di Pilgub di 2024 nanti,” tuturnya.

Adapun nama bakal calon Gubernur Kalteng versi Kaltengpedia, yakni:

- Bupati Kotawaringin Timur dua periode (2010-2021),Supian Hadi. SHD sapaannya bahkan mengaku siap maju di Pilgub Kalteng 2024 ini.

- Ketua dewan pertimbangan partai Golkar Kalimantan Tengah, Ir Abdul Razak. Abdul Razak bahkan telah lama di dideklarasikan untuk maju di Pilgub Kalteng oleh partai Golkar.

- Bupati Barito Utara dua periode (2013-2023) sekaligus Ketua DPD Demokrat Kalteng, H. Nadalsyah. Koyem sapaannya bahkan telah mendapat mandat dari partainya untuk maju di Pilgub Kalteng serta mencari wakil gubernur.

- Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (2021-2024) dan Bupati Pulang Pisau dua periode (2013-2021) H. Edy Pratowo,

- CEO Kalteng Putra, sekaligus anggota DPR RI periode 2019-2024 H. Agustiar Sabran.

- Politisi partai NasDem Kalimantan Tengah Andina Teresia Narang.

- Bupati Murung Raya dua periode (2013-2023) Perdie M Yoseph.

- Anggota DPR periode 2010-2015, Rahmat Nasution Hamka.

- Wakil Gubernur Kalimantan Tengah periode 2016-2021, sekaligus Ketua DPW PKB Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya.

- Ketua Asosiasi Cangkang Sawit Indonesia, Diki Akhmar.

Kaltengpedia adalah blog yang bertransformasi menjadi media warga atau citizen media. Di sini, orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini