Sukses

Real Count KPU Sementara, PSI Masuk 5 Besar DKI Jakarta

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengaku optimis akan menembus ambang batas parlemen (parliamentary treshold) empat persen pada Pemilu 2024. Hal tersebut dilihat dari rekapitulasi hasil pemungutan suara legislatif oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang terus berjalan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengaku optimis akan menembus ambang batas parlemen (parliamentary threshold) empat persen pada Pemilu 2024. Hal tersebut dilihat dari rekapitulasi hasil pemungutan suara legislatif oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang terus berjalan.

Dilansir dari situs pemilu2024.kpu.go.id, Jumat (16/2/2024) pukul 23.03 sebanyak 14509 dari 30766 TPS atau sekitar 47.16 persen, PSI masuk dalam ke dalam 5 besar partai di DKI Jakarta. Sementara, di Dapil DKI III sebanyak 5375 dari 12110 TPS atau 44.38 persen yang masuk, PSI menjadi partai dengan peroleh suara terbesar kedua di bawah PDI Perjuangan.

Tak hanya itu, jumlah suara Grace Natalie di Dapil DKI III unggul di uratan pertama dengan total suara mencapai 34.932 mengalahkan caleg dari partai lainnya. Pada Dapil ini, Garace berebut suara di kawasan Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu.

"Perolehan suara di DKI Jakarta harusnya juga berbanding lurus dengan perolehan suara PSI di seluruh Indonesia,"ungkap Grace Natalie yang juga Wakil Dewan Pembina PSI.

Grace Natalie juga mengatakan, meskipun hasil hitung cepat beberapa lembaga menunjukkan PSI masih di angka sekitar 3%. Namun ia berpendapat jika perhitungan cepat memiliki margin error maka ia yakin partainya optimis dapat lolos ke Senayan di Pemilu 2024 sesuai dengan hasil survei internal PSI.

Maka dari itu ia menginstruksikan seluruh caleg dan pengurus PSI di seluruh Indonesia untuk terus mengawal suara dari tingkat TPS hingga kecamatan. Sebab, 5 hari pertama merupakan saat yang menentukan untuk memastikan langkah PSI ke Senayan.

"Sebab di hitung cepat internal PSI menunjukkan hasil 4.2% jadi masih aman dan meyakinkan PSI akan lolos ke Senayan," pungkas Grace Natalie.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini