Sukses

6 Rekomendasi Tempat Camping di Bandung, Seru Abis!

Berkemah atau camping bisa jadi liburan menyenangkan bersama keluarga atau teman. Berikut ini adalah rekomendasi tempat camping di Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat Indonesia sebentar lagi akan menyambut momen long weekend atau libur panjang Februari 2024. Salah satu liburan yang cocok untuk menyambut momen libur panjang tersebut adalah dengan berkemah atau camping di lokasi yang menyenangkan.

Liburan dengan berkemah tidak hanya memberi ketenangan dengan pemandangan yang asri tetapi juga pengalaman berpetualang yang menyenangkan. Selain itu bercamping dengan keluarga atau teman bisa menjalin ikatan yang semakin kokoh.

Camping juga bisa melakukan banyak kegiatan seru yang sesuai dengan minat serta kebutuhan. Selain itu, kebahagiaan datang dari suasana tenang karena melihat indahnya alam terbuka.

Berkemah juga memberikan pengalaman berharga dan berkesan karena kita banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Bahkan rutinitas sehari-hari yang biasanya tidak pernah dipedulikan menjadi lebih bermakna.

Kemudian keluarga atau rekan-rekan yang bercamping juga jauh lebih hangat dan dekat karena interaksi yang semakin kuat. Kita bahkan bisa terhindar dari gadget atau teknologi modern yang biasanya menjauhkan kita dengan orang sekitar.

Tak hanya itu, camping bisa membantu kita untuk membangun kerja sama dan solidaritas antar sesama. Misalnya membangun tenda atau membuat makanan di alam terbuka untuk nantinya dinikmati bersama-sama.

Hal-hal kecil seperti itu mungkin biasa saja jika dilakukan di rumah tetapi ketika dilakukan di luar ruangan atau alam terbuka tentunya akan menjadi kenangan yang sangat berharga. Kita juga bisa menikmati ketenangan dan keheningan dengan alam yang asri.

Indonesia sendiri mempunyai beragam tempat camping yang indah salah satunya di daerah Bandung. Melansir dari beberapa sumber berikut rekomendasi tempat camping di Bandung yang bisa jadi pilihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekomendasinya

1. Ranca Upas

Ranca Upas menjadi tempat wisata yang sudah lama populer dan dikenal sebagai tempat daerah camping yang populer di Bandung. Tempat wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas menarik dengan pemandangan alam yang indah.

Di antaranya ada tempat penangkaran rusa, outbound, pemandian air panas alami, dan masih banyak lagi. Ranca Upas sendiri berlokasi di ketinggian 1.700 mdpl. Suhu udara di Ranca Upas juga cukup dingin namun bisa membuat suasana hangat dengan mendirikan api unggun.

Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey - Patengan KM 11, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Melansir dari website Explore Ranca Upas pada tahun 2023 lalu harga tiket masuk sekitar Rp 25.000 sementara untuk tiket camping Rp 40.000 belum termasuk harga sewa tenda.

2. Taman Langit Pangalengan

Wisata Taman Langit Pangalengan 360 sebelumnya menjadi tempat wisata viral yang ramai dibahas di media sosial. Tempat wisata ini mempunyai pemandangan yang indah dengan melihat alam Pangalengan secara 360 derajat.

Mempunyai ketinggian 1.670 mdpl tempat campingnya berlokasi di Kampung Puncak Mulya, Jalan Cukup Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Tiket masuknya sendiri sekitar Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Sementara itu tiket masuk untuk camping sekitar Rp 35.000. belum termasuk tarif camping karena terdapat paket yang bisa dipilih.

3 dari 4 halaman

3. Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole sudah lama dikenal oleh para wisatawan lokal khususnya wisatawan dari Bandung. Lokasinya sendiri ada di Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 23, Cikole, Lembang, Bandung Barat.

Tempat wisata ini mempunyai luas sekitar 9 hektar dan dikelilingi oleh hutan pinus yang tinggi. Udara yang sejuk dan segar membuat lokasi wisata ini sangat digemari oleh para wisatawan.

Selain itu untuk melakukan camping terdapat tipe tenda yang berbeda-beda bisa dipilih oleh para wisatawan. Selain tempat tenda terdapat fasilitas menarik yang bisa dinikmati oleh para wisatawan.

4. Pine Forest Camp

Masih berlokasi di Lembang Pine Forest Camp adalah tempat perkemahan yang cukup eksklusif. Berlokasi di Desa Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat tempat ini berada di atas ketinggian 1.200 mdpl.

Seperti namanya tempat lokasi perkemahan ini berada di kawasan hutan pinus yang berudara sejuk dan asri. Selain itu ada fasilitas wisata seru berupa outbound mulai dari flying fox, high rope, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya merupakan tempat wisata yang bisa melakukan aktivitas camping. Lokasinya ada di Jalan Maribaya Nomor 149/252 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

Tempat wisata ini menyediakan fasilitas menarik selain camping yaitu ayunan tinggi, glamping, dan masih banyak lagi. Selain itu ada tempat berfoto menarik yang bisa menyimpan momen indah bersama keluarga atau teman.

The Lodge Maribaya juga menyediakan paketan camping bervariasi yang bisa dipilih dan membantu wisatawan tanpa harus membawa perlengkapan tenda.

6. Valley Rahong 12 Camp Riverside

Valley Rahong 12 Camp Riverside merupakan tempat wisata alam yang berlokasi di Muara Rahong Hills, Rahong, Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat ini menjadi lokasi camping yang memberikan pengalaman menarik kepada wisatawan.

Pasalnya tepat ini memberikan sensasi bercamping di pinggir sungai dan posisinya mengarah langsung ke arah sungai. Selain itu tempat wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap yaitu api unggun, musala, toilet, dan wahana outbound menarik.

Terdapat variasi paket yang bisa dipilih untuk berkemah di Valley Rahong 12 Camp Riverside dengan keunggulan fasilitas-fasilitasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini