Sukses

Ini 5 Tempat Wisata di Purwakarta yang Paling Hits di Tahun 2023

Kabupaten Purwakarta, masih menjadi salah satu tujuan pariwisata. Ada beberapa lokasi wisata yang sampai saat ini menjadi favorit wisatawan.

Liputan6.com, Purwakarta - Angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, cenderung menurun sejak tiga tahun terakhir. Kendati begitu, sampai saat ini ada sejumlah destinasi wisata di wilayah ini yang masih menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan dari berbagai daerah.

Sebagai contoh, berikut ini Liputan6.com merangkum beberapa tempat wisata terpopuler di Kabupaten Purwakarta sepanjang 2023 kemarin. Indikatornya, merujuk dari jumlah kunjungan wisatawan ke lokasi-lokasi tersebut.

1. Cikao Park

Berdasarkan data kunjungannya, wisata Cikao Park berada di urutan pertama. Sepanjang 2023 kemarin, jumlah kunjungan wisatawan ke lokasi wisata yang lebih mengedepankan wahana air itu tercatat mencapai 100.447 pengunjung.

Untuk diketahui, Cikao Park adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Purwakarta yang lagi ngehits. Kawasan pariwisata yang lebih menonjolkan wahana air dan taman indah ini berada di‎ Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur.

Meski lokasinya sedikit tersembunyi, namun keberadaannya ternyata bak sebuah oase di gurun pasir. Tak heran, hampir setiap akhir pekan atau musim liburan, lokasi yang menyuguhkan beragam wahana unik ini kerap diserbu wisatawan.

Pengunjungnya tak hanya dari warga lokal, tapi banyak juga di antaranya dari luar kabupaten, bahkan provinsi. Tak hanya wahana air, di lokasi ini juga tersedia taman air yang bernuansa alam dan pantai, di Cikao Park juga tersedia sejumlah wahana bermain lain tentunya lebih bersendikan nilai edukasi.

Selain itu, di kawasan wisata ini ada tiga areal besar yang bisa menjadi pilihan pengunjung saat bermain ke Cikao Park. Yakni, areal water park, Rumah Ilusi, serta areal Taman Satwa (mini zoo) lengkap dengan beragam binatangnya.

2. Taman Batu Cijanun

Taman Batu Cijanun, lokasi wisata yang lokasinya berada di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong masuk kategori terfavorit sepanjang 2023 kemarin.

Adapun suguhan utama di salah satu tempat wisata di Kabupaten Purwakarta ini, yakni pemandangan alam nan indah berupa mata air besar berhias taman batu yang juga dikelilingi pegunungan hijau.

Para pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini, tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang masih asri, tapi juga bisa juga menikmati wahana air sepuasnya di sebuah kolam berair dingin khas air pegunungan.

Merujuk data yang ada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) setempat, sepanjang 2023 kemarin jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Batu Cijanun mencapai 93583 pengunjung.

3. Kampung Kahuripan Cirangkong

Kampung Kahuripan Cirangkong, lokasinya ada di Kecamatan Cibatu yang berbatasan dengan Kabupaten Subang. Kawasan wisata yang mengusung konsep tradisionalisme kesundaan dan pendidikan alam itu juga masuk sebagai lokasi wisata favorit sepanjang 2023 kemarin.

Untuk diketahui, tempat wisata yang satu ini berlatar kearifan lokal. Sejak dibuka pada 2017 lalu, Kampung Kahuripan Cirangkong memang menjadi yang terpopuler.

Di Kampung Kahuripan Cirangkong juga tersedia areal khusu anak untuk bermain di alam terbuka sembari belajar. Selain itu, juga tersedia berbagai kegiatan outbond untuk meningkatkan rasa kepedulian anak terhadap alam

Selama ini, pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini bukan hanya dari masyarakat lokal tapi juga skala nasional maupun internasional. Sepanjang 2023 kemarin saja, tercatat ada sebanyak 89.509 kunjungan wisatawan.

4. Kahuripan Tirta Wanayasa

Untuk tempat wisata di Kabupaten Purwakarta yang terpopuler lainnya ada di Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa. Kawasan pariwisata ini tak jauh dari Situ Kahuripan Wanayasa.

Dinas terkait mecatat, selama 2023 kemarin jumlah kunjungan ke kawasan pariwisata ini juga cukup banyak. Yakni, mencapai 70.764 wisatawan dari berbagai daerah.

Kahuripan Tirta Wanayasa sendiri merupakan kawasan wisata dengan suguhan wahana air yang cukup komplit. Ada yang membedakan lokasi wisata ini dengan tempat wisata lainnya di Kabupaten Purwakarta. Yakni, dari air kolam yang digunakan.

Ya, air kolam yang ada di kawasan Kahuripan Tirta Wanayasa itu bersumber langsung dari mata air pegunungan di wilayah itu. Sehingga, kualitas airnya bersih dan sejuk. Ditambah lagi, pemandangan di sekitarnya cukup indah dan asri, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan lokasi liburan bersama keluarga.

5. Jaya Tirta Abadi (JTA Bojong)

Terakhir ada Jaya Tirta Abadi (JTA Bojong) yang menjadi tempat wisata terpopuler di Kabupaten Purwakarta. Sepanjang 2023 kemarin saja, jumlah kunjungannya tercatat sebanyak 65.901 wisatawan.

Sama halnya dengan Kahuripan Tirta Wanayasa, untuk objek wisata yang satu ini juga lebih mengedepankan suguhan wahana air yang cukup komplit.

Pengunjung yang datang ke salah satu tempat wisata yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat itu bisa bermain air sepuasnya karena ada empat kolam renang yang disiapkan, baik untuk kalangan dewasa maupun anak-anak.

Adapun kawasan pariwisata ini, lokasinya berada di Kampung Pilar, Desa Sukamanah, Kecamatan Bojong. Di kolam renang ini, pengunjung tak hanya bisa menikmati dinginnya air kolam. Melainkan, bisa beristirahat untuk menghilangkan penat dengan menyewa hotel atau villa di lokasi kolam renang.

Itulah beberapa lokasi wisata di Kabupaten Purwakarta yang terfavorit sepanjang 2023 kemarin. Jika merujuk data yang ada di dinas terkait, kunjungan wisatawan ke tempat wisata di wilayah ini memang paling banyak itu dari sektor kuliner.

Hal mana, banyak pengunjung dari luar daerah yang sengaja datang ke tempat wisata di Kabupaten Purwakarta hanya untuk sekedar menikmati sate maranggi yang menjadi makanan khas wilayah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.