Sukses

Ini 3 Tips Meningkatkan Produktivitas di Awal Tahun 2024

Membuat resolusi umumnya dilakukan ketika memasuki tahun baru. Namun, tidak banyak yang benar-benar merealisasikan resolusi yang ditargetkan. Lantas bagaimana agar di tahun baru bisa menjadi titik awal untuk kembali memulai lebih produktif yang sempat mengendur di tahun sebelumnya? 

Liputan6.com, Yogyakarta - Setiap memasuki tahun baru ada harapan atau resolusi baru agar di tahun baru ini agar lebih produktif. Dosen sekaligus Psikolog dari Fakultas Psikologi UGM, T. Novi Poespita Candra membagikan tiga langkah meningkatkan  produktivitas yaitu pertama, menentukan tujuan yang ingin dicapai dengan mensyukuri hal-hal yang telah dicapai di masa lalu.

“Jadi tentukan apa tujuan yang ingin dicapai di tahun ini,” terangnya,di UGM Rabu (17/1/2024). 

Novi mengatakan langkah kedua adalah memikirkan dampak yang ingin diberikan dalam kehidupan termasuk kepada siapa dampak tersebut. Sehingga jelas dampak yang akan membuktikan kita lebih produktif di tahun ini.

 

“Apakah hanya pada diri kita, keluarga, atau masyarakat yang lebih luas lagi?” tuturnya.

Langkah selanjutnya, adalah kaizen atau perubahan kecil. Sebaiknya menurut Novi perubahan-perubahan kecil tersebut harus konsisten dilakukan setiap hari. Novi mengatakan dengan perubahan-perubahan kecil yang konsisten dilakukan ini nantinya dapat terakumulasi menjadi perubahan besar dalam kehidupan. Sehingga kehidupan akan lebih produktif di tahun baru ini.

“Misalnya hari ini lebih rileks, mulai hari ini tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi, atau menghasilkan satu paragraf tulisan setiap harinya,” terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.