Sukses

Layanan 'BPKB Delivery', Polisi Riau Datang ke Rumah Sembari Ajak Jauhi Isu SARA

Direktorat Lalu Lintas Polda Riau membuat terobosan BPKB Delivery untuk masyarakat sehingga tidak perlu ke loket dan petugas yang mengantar bisa menyosialisasikan Pemilu damai.

Liputan6.com, Pekanbaru - Direktorat Lalu Lintas Polda Riau membuat terobosan baru dalam pengurusan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Warga yang sudah selesai mengurusnya tidak perlu datang lagi ke kantor polisi melainkan diantar ke rumah masing-masing.

Direktur Lalu Lintas Polda Riau Komisaris Besar Taufiq Lukman Nurhidayat menjelaskan, warga yang punya kesibukan padat tinggal menghubungi petugas. Selanjutnya, memberikan alamat lengkap lalu BPKB yang selesai segera diantar.

"Kami sudah menyiapkan sejumlah petugas BPKB, tidak sempat ke loket kami gunakan layanan ini, diantar sesuai alamat," kata Taufiq didampingi Kasubdit Registrasi dan Identifikasi AKBP Ruri Prastowo, Selasa siang, 16 Januari 2024.

Taufiq menjelaskan, layanan BPKB delivery ini tidak dipungut biaya. Masyarakat cukup mengeluarkan uang sebagai administrasi pengurusan sesuai aturan berlaku untuk pemasukan negara.

Sementara itu, Iwan sebagai warga yang menggunakan terobosan ini mengucapkan terima kasih kepada petugas dengan adanya BPKB delivery.

"BPKB sudah selesai, saya apresiasi program ini, terima kasih kepada petugas yang mengantarkan," ucap Iwan.

Di sisi lain, Ruri menyebut layanan ini juga dimanfaatkan untuk menyosialisasikan pemilihan umum (Pemilu). Petugas datang membawa selebaran berisi pesan menyukseskan Pemilu.

"Warga diminta agar bijak menerima informasi di berbagai media sosial, khususnya soal Pemilu," ujar Ruri.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bijak Menerima Informasi

Ruri mengimbau warga tidak mudah terpengaruh, apalagi terprovokasi dengan informasi yang belum jelas keberadaannya. Warga diminta bijak, saring sebelum sharing atau menyebarkan lagi.

"Terkhususnya isu provokatif tentang suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA), petugas BPKB delivery turun meminimalisir ini," kata Ruri.

Tidak sampai di situ saja, petugas BPKB delivery juga menyampaikan imbauan tentang tata tertib dalam berlalu lintas. Tujuannya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu mematuhi tata tertib dalam berlalu lintas.

Iwan setelah menerima BPKB dan imbauan petugas soal Pemilu ini menyebut menambah wawasannya. Pemilu damai dinyatakannya sangat bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Juga sangat bermanfaat sekali bagi saya dan keluarga," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini