Sukses

Cek Cara Atasi Stres Sesuai Tipe Kepribadian MBTI

Ada beberapa cara untuk menanggulangi stres dan dapat dipelajari mana yang paling efektif agar pikiran lebih tenang. Cara ini dibagi berdasarkan tipe kepribadian MBTI.

Liputan6.com, Yogyakarta - Stres berkepanjangan dapat menimbulkan banyak penyakit dalam tubuh. Untuk itu, menangani stres artinya mencegah kemunculan penyakit yang dapat membuat seseorang tidak produktif.

Dikutip dari sejumlah sumber, ada beberapa cara untuk menanggulangi stres dan dapat dipelajari mana yang paling efektif agar pikiran lebih tenang. Cara ini dibagi berdasarkan tipe kepribadian MBTI.

Berikut adalah beberapa atasi stres berdasarkan kepribadian MBTI:

1. Kepribadian ISTP

Tipe kepribadian ISTP biasanya akan mengandalkan orang lain untuk mengambil keputusan. Ketika stres mereka cenderung menarik diri dan menjadi sangat sensitif.

Cara untuk menanggulanginya adalah dengan fokus mengerjakan tugas-tugas jangka pendek. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri.

2. Kepribadian ISFJ

Tipe ISFJ adalah orang yang detail oriented, namun gampang terpancing atau lepas kendali. Hal ini membuat mereka cenderung gampang stres, untuk menanggulanginya bisa dengan mencoba untuk berbaur dengan orang lain, teman, keluarga atau rekan kerja yang suportif saat berbagi cerita.

3. Kepribadian ISTJ

Pemilik kepribadian ISTJ biasanya lebih keras kepala dan punya pikiran negatif. Mereka terkadang lebih impulsif saat dalam keadaan stress. Hal yang bisa dilakukan untuk melepas stres adalah mengerjakan sesuatu dianggap sebagai prioritas, dan ingatkan diri agar lebih fleksibel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ESTP

4. Kepribadian ESTP

Saat mendapat banyak tugas, orang dengan kepribadian ESTP akan merasakan banyak tekanan dan berujung stres. Orang dengan tipe ini kemudian akan meragukan kapasitas dirinya.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menghindari aktivitas yang tidak penting dalam daftar kegiatan, dan mulai lakukan pekerjaan atau tugas yang lebih bermakna.

5. Kepribadian ESFP

Tipe ESFP adalah orang yang cenderung pesimistis. Mereka punya ketakutan yang tak rasional. Ini menimbulkan stres yang dapat berkelanjutan. Cara menanganinya dengan cara banyak berolahraga, membaca buku, atau menonton pertunjukan. Berjalan kaki di lingkungan yang indah juga dapat lebih menjernihkan pikiran.

6. Kepribadian ISFP

Tipe kepribadian ISFP lebih banyak menghindari konflik untuk mencari ketenangan. Namun mereka cenderung cepat kehilangan kesabaran. Untuk menghilangkan stres, bisa salurkan energi ke pekerjaan yang punya aktivitas kreatif

7. Kepribadian INFJ

Tipe kepribadian ini sering kali harus selalu fokus kepada detail. Jika banyak yang tak sesuai ekspektasi biasanya akan mengalami stres. Untuk menanganinya, cobalah untuk menentukan standar ketat. Ingatkan bahwa hidup terkadang tidak mudah untuk diprediksi.

8. Kepribadian INTJ

Orang dengan INTJ biasanya keras kepala dan mengingat hal-hal lampau. Terkadang mereka sibuk dengan hal yang tak penting. Ketika stres, cobalah untuk luangkan waktu agar segala kekhawatiran berkurang.

9. Kepribadian INFP

Tipe ini terkadang akan sulit tidur karena suasana hati yang terlalu sensitif. Mereka selalu merasa hampa jika mengerjakan sesuatu yang tak sesuai dengan apa yang diinginkan. Cobalah untuk mengerjakan apa yang membuat diri lebih dibutuhkan, dan membuat pekerjaan tersebut lebih bermakna.

10. Kepribadian INTP

Kepribadian INTP sering mengalami ledakan emosi. Itu pun membuat pemikiran mereka sulit mencerna sesuatu. Untuk menanggulanginya coba luangkan waktu untuk diri sendiri, tenangkan emosi, baru kembali melakukan pekerjaan.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.