Sukses

Solidaritas ke Palestina, Gereja Regina Belitung Tak Pasang Hiasan Pohon Natal

Ada yang berbeda dengan perayaan Natal 2023 di Gereja Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Babel.

 

Liputan6.com, Bangka Belitung - Ada yang berbeda dengan perayaan Natal 2023 di Gereja Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Babel. Jika pada tahun-tahun sebelumnya gereja selalu berhias dengan pohon Natal besar, tahun ini Gereja Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, tidak memasang hiasan pohon Natal sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Gaza, Palestina, atas agresi Israel.

"Tahun ini kami tidak membangun hiasan pohon Natal besar sebagai bentuk kepedulian dan bela rasa terhadap warga Gaza, Palestina," kata Sekretaris Pipa Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan Yohannes Djohan Wijaya, Minggu (24/12/2023).

Djohan mengatakan, meskipun tidak ada hiasan pohon Natal besar seperti perayaan-perayaan Natal sebelumnya, pihak gereja tetap menyiapkan dekorasi Natal di dalam ruangan gereja.

Menurut dia, perayaan Natal tahun ini dirayakan dengan sederhana dan penuh kepedulian terhadap apa yang tengah dirasakan warga Palestina akibat konflik Israel-Hamas.

Djohan menambahkan dampak konflik Israel-Hamas yang masih terus berlangsung sampai saat ini, menyebabkan perayaan Natal di Kota Betlehem di Tepi Barat Palestina yang merupakan kota kelahiran Yesus menjadi hening dan senyap tak semeriah dulu.

"Karena dampak peperangan, di sana (Betlehem) tidak ada perayaan Natal tahun ini. Suasana menjadi hening dan senyap," ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap perayaan Natal 2023 membawa pesan perdamaian bagi warga Palestina maupun di belahan negara lainnya yang tengah berkonflik termasuk Rusia dan Ukraina.

"Kami turut mendoakan di sini, lewat perayaan Natal tahun ini semoga perdamaian bisa terwujud, kami tidak ada aksi spesial untuk itu, namun sebagai umat Katolik kami ikut mendoakan, semoga segera terwujud perdamaian dan tidak ada lagi perang di sana," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini