Sukses

Eksotisme Air Terjun Piala di Luwuk Sulteng, Cocok Jadi Destinasi Wisata Liburan Akhir Tahun

Keindahan Air Terjun Piala di Luwuk Sulawesi Tengah dilengkapi pepohonan besar yang rindang nan sejuk.

Liputan6.com, Palu - Kota Luwuk memang terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang menawan. Salah satu destinasi wisata unggulannya adalah Air Terjun Piala.

Air Terjun Piala berlokasi di Hanga-Hanga, Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan air berwarna hijau kebiruan yang indah dan menyegarkan.

Keindahan itu juga dilengkapi dengan pepohonan besar yang rindang dan sejuk. Selain menjadi tempat wisata, Air Terjun Piala juga menjadi sumber pembangkit listrik. Tak heran jika di dekat air terjun ini terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Air terjun ini terkenal dengan pesona air terjunnya yang bertingkat. Air terjun yang mengalir memiliki tingkatan air yang mengalir ke bawah. Jika dilihat dari jauh, Air Terjun Piala terlihat seperti tangga yang berundak.

Air terjun ini memiliki tinggi rata-rata sekitar 7 meter di setiap air terjun yang mengalir. Air yang mengalir sangat jernih dan tidak begitu deras, sehingga aman untuk berenang dan bermain air.

Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa berkemah dan piknik di sini. Terdapat sebuah lahan kosong di dekat air terjun yang dapat digunakan untuk membangun tenda. Lahan tersebut juga bisa dijadikan area piknik dengan menggelar tikar atau karpet di dekat air terjun.

Bukan itu saja, di dekat Air Terjun Piala juga terdapat penangkaran burung maleo yang menjadi daya tarik unik bagi wisatawan. Burung maleo adalah populasi burung endemik Indonesia khas Sulawesi. Saat berada di Air Terjun Piala, pengunjung juga akan ditemani oleh kicauan burung yang menenangkan.

Selain keindahan alam, pengunjung juga bisa menikmati keindahan dari kafe yang ada di atas bukit. Terlebih kafe ini berada di atas bukit yang dekat dengan air terjun.

Dari atas bukit, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Piala dari ketinggian. Tak sedikit pula pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai tempat menikmati senja sekaligus spot foto menarik.

Banyaknya daya tarik Air Terjun Piala menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Luwuk. Tak heran, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diburu wisatawan.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini