Sukses

Bandara Kualanamu Diproyeksikan Layani 450 Ribu Penumpang pada Libur Nataru

Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) diproyeksikan akan melayani sebanyak 450 ribu penumpang pada momentum liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru.

Liputan6.com, Deli Serdang Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) diproyeksikan akan melayani sebanyak 450 ribu penumpang pada momentum liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru.

Director of Operation & Services PT Angkasa Pura Aviasi, Heriyanto Wibowo mengatakan, long weekend Nataru diperkirakan berlangsung 18 hari, mulai H-6 sebelum Natal 2023 yaitu 18 Desember 2023 sampai dengan H+3 setelah Tahun Baru, 4 Januari 2024.

"PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Kualanamu menyambut long weekend Nataru tahun ini dengan kesiapan yang baik," kata Heriyanto, Jumat (15/12/2023).

Dijelaskannya, kesiapan itu mulai dari personel layanan dan keamanan, serta juga airlines yang beroperasi. Lalu kesiapan fasilitas di sisi udara, transportasi darat, seperti railink, bus, taxi argo, angkutan sewa khusus (online) serta fasilitas penunjang seperti trolley.

"Termasuk juga parkir kendaraan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diperkirakan Naik 7 Persen

Disebutkan Heriyanto, dari data angkutan udara periode sebelumnya, yaitu Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Bandara Kualanamu telah melayani sebanyak 444 ribu penumpang.

"Ini artinya akan naik sekitar 7 persen pergerakan penumpang dari jumlah yang diproyeksikan di Nataru tahun ini, yaitu sebanyak 450 ribu penumpang," sebutnya.

Heriyanto juga mengatakan, sepanjang libur akhir tahun ini ada sebanyak 13 airlines atau maskapai penerbangan yang melayani dengan 16 rute domestik dan 6 rute internasional.

"Harapan kita dalam periode Nataru tahun ini Bandara Kualanamu dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Personel Gabungan Amankan Nataru

Terpisah, lebih dari 9.000 personel gabungan dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya disiapkan untuk Operasi Lilin Toba dalam rangka pengamanan Nataru di Sumut.

"Juga ada 102 pos pengamanan, 12 pos terpadu, dan 79 pos pelayanan yang tersebar di Sumut," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Polda Sumut memastikan jalur Sumatera dari timur dan barat akan dikelola secara baik dengan penempatan personel dan pos-pos pengamanan maupun pos pelayanan, sehingga masyarakat dapat menikmati suasana Natal dengan gembira dan Kamseltibcar Lantas kondusif.

"Mengingat panjangnya jalur Sumatera yang melintas di wilayah Sumut dari Aceh ke Riau maupun Aceh ke Padang, Sumatera Barat," Hdi menuturkan.

4 dari 4 halaman

Jalur Tempat Wisata

Polda Sumut juga memetakan dan mengidentifikasi jalur tempat wisata yang berpotensi keramaian, sehingga pengunjung nyaman dan aman.

"Polda sumut ingin pastikan perayaan Natal berjalan dengan khidmat, gembira dan aman, demikian juga liburan masyarakat lancar dan bersukacita menyambut Tahun Baru 2024," kata Hadi.

Operasi Lilin Toba digelar secara efektif dan efisien karena bersamaan juga digelar Operasi Mantap Brata pada Pemilu 2024.

"Polda Sumut siap mengamankan dan target operasi tidak ada gangguan serta Tahun Baru 2024 aman dan berjalan lancar," Hadi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini