Sukses

Anak Muda Jakarta Gelar Diskusi Masa Depan Indonesia

Relawan Pemuda Penerus Negeri DKI Jakarta menggelar acara bertajuk "Berkumpul Untuk Bermimpi: Menuju Indonesia Emas 2045" di Maestro Jakarta Cafe & Spac, Sabtu (9/12/2023). Inisiatif ini merupakan hasil kolaborasi Rafi Dartaman, Daffa Andaru, dan beberapa pelajar serta mahasiswa se-Jakarta Selatan yang tergabung di Penerus Negeri DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Pemuda Penerus Negeri DKI Jakarta menggelar acara bertajuk "Berkumpul Untuk Bermimpi: Menuju Indonesia Emas 2045" di Maestro Jakarta Cafe & Spac, Sabtu (9/12/2023). Inisiatif ini merupakan hasil kolaborasi Rafi Dartaman, Daffa Andaru, dan beberapa pelajar serta mahasiswa se-Jakarta Selatan yang tergabung di Penerus Negeri DKI Jakarta.

Dalam pembukaannya, Daffa Andaru menyambut hangat semangat para anak muda yang hadir dalam acara tersebut. Menurutnya, semangat mereka selaras dengan semangat akan kemajuan. Para peserta juga berkesempatan dapat mendengarkan pemikiran dan pengalaman inspiratif dari para narasumber yang memiliki peran sentral dalam pembangunan Indonesia.

"Pertanyaan-pertanyaan tajam dan pemikiran kritis dari peserta menciptakan dinamika yang menarik, membuka ruang untuk dialog mendalam mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi oleh generasi muda Indonesia," ungkap Daffa Andaru.

Sementara itu, Rafi Dartaman selaku ketua panitia, menyampaikan pentingnya memberikan wawasan yang substansial kepada anak muda. “bahwa bicara tentang 2045 sejatinya membicarakan kepemimpinan anak muda saat ini, di mana di tahun 2045 itulah masa golden agenya anak muda hari ini” ucapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh M. Anindya Pohan, selaku Koordinator Harian Pemuda Penerus Negeri DKI Jakarta. Ia mengajak seluruh anak muda khususnya teman-teman pelajar SMA dan mahasiswa untuk terus aktif dalam kegiatan yang positif, untuk dapat mengoptimalkan potensi diri.

“Saya sangat mengapresiasi langkah ini, dan mengajak seluruh anak muda khususnya teman-teman pelajar SMA dan mahasiswa untuk terus aktif dan memaksimalkan potensi Indonesia Emas 2045” tambahan darinya.

Sesi utama acara tersebut diramaikan oleh talkshow yang menghadirkan narasumber terkemuka, antara lain Staf Khusus BKPM RI Bidang Peningkatan Pengusaha Nasional dan Koordinator Nasional Penerus Negeri, M. Pradana Indraputra, Chairman Resonansi Pemuda Kevin Geraldi, serta influencer musik Sekar Anggi.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Pemuda Tertarik Politik

Salah satu momen menarik datang pertanyaan dari Alif, siswa SMAN 53 Jakarta, yang menyatakan ketertarikannya pada politik. Alif merasa ragu untuk terjun ke dunia politik karena citranya yang sering terkait dengan hal negatif. Dalam jawabannya, M. Pradana Indraputra menyampaikan bahwa politik adalah pertarungan abadi antara kebaikan dan kejahatan.

"Bahwa politik mengalami perubahan seiring waktu, dan walaupun saat ini terlihat kotor, demokrasi memberikan kebebasan untuk memilih pemimpin," M. Pradana Indraputra

Selain talkshow, para peserta diberikan kesempatan untuk mengekspresikan harapan mereka melalui tulisan di post-it yang ditempelkan di "Wall of Hope". Mereka juga diminta menyuarakan aspirasinya melalui kotak suara negeri yang disediakan oleh Penerus Negeri. Suasana semakin meriah dengan penutupan acara yang dimeriahkan oleh musisi lokal, Fachrul.

Sementara itu, Steffanie dari Forum Osis DKI Jakarta, salah satu peserta, menyatakan antusiasmenya terhadap acara ini. "Hari ini acaranya seru banget karena kita sebagai pemuda diajari bahwa kita sebagai pemuda bukan hanya menunggu orang lain untuk bekerja, tapi kita juga bisa bergerak. Aku semakin percaya bahwa anak muda hari ini harus berjuang untuk memajukan negeri ini menjadi lebih baik lagi," ujarnya.

Acara "Berkumpul Untuk Bermimpi: Menuju Indonesia Emas 2045" tidak hanya berakhir sebagai kumpulan anak muda yang bersemangat, namun juga sebagai bukti nyata bahwa semangat kebersamaan dapat menciptakan perubahan positif. Acara ini berhasil menciptakan ruang bagi anak muda untuk berdialog, bermimpi, dan bersama-sama menciptakan Indonesia Emas 2045 yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.