Sukses

Kronologi dan Permintaan Maaf Komika Aulia Rakhman yang Diduga Menistakan Agama

Komika asal Lampung, Aulia Rakhman baru-baru ini diduga melakukan penistaan agama terkait nama Nabi Muhammad.

Liputan6.com, Bandung - Komika Aulia Rakhman (33) baru-baru ini ditetapkan sebagai tersangka dugaan penistaan agama oleh Polda Lampung. Diketahui penangkapan Aulia Rakhman dilakukan usai dirinya tampil dalam kampanye calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan pada Kamis (7/12/2023).

"Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Lampung telah menetapkan komika berinisial AR (33) sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadilah Astutik mengutip Antara.

Pihaknya menyampaikan bahwa komika tersebut diduga melakukaan penistaan agama dalam acara "Desak Anies Baswedan" di Lampung. Melalui acara tersebut Aulia Rakhman melakukan stand up comedy dan mengaitkan nama Muhammad dalam materinya.

Umi Fadilah menyebutkan dari hasil pemeriksaan polisi menghadirkan tujuh orang saksi serta lima orang ahli. Saksi dan ahli tersebut memeriksa dugaan penistaan agama yang dilakukan Aulia Rakhman .

"Dari hasil pemeriksaan yang bersangkutan, polisi menghadirkan tujuh orang saksi dan lima orang ahli dan dinyatakan komika berinisial AR itu diduga telah melakukan penistaan agama," ujarnya.

Saat ini, komika Aulia Rakhman telah ditahan di Mapolda Lampung untuk diproses lebih lanjut.

Adapun akibat dari tindakan tersebut Aulia Rakhman dikenakan pasal 156 huruf a KUHP tentang penodaan agama subsider Pasal 156 KUHP tentang ujaran kebencian terhadap suatu golongan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi

Melansir dari video yang beredar di media sosial, Aulia Rakhman awalnya menyebutkan arti namanya yang terdengar seperti nama perempuan. Semakin lama banyak pembahasan lain sampai akhirnya diduga menistakan nama Muhammad. 

"Cuman kan sekarang ini apa sih arti nama kaya penting aja gitu ya coba lu cek penjara ada berapa nama yang namanya Muhammad di penjara. Kayak penting aja nama Muhammad sekarang ya udah di penjara semua tuh," ujarnya.

Diketahui video stand up comedy tersebut juga tayang di video YouTube acara “Desak Anies Baswedan” berdurasi selama dua jam dua menit. Adapun Aulia Rakhman tampil dalam acara tersebut dengan mendapatkan honor Rp1 juta.

"AR yang saat itu dihubungi oleh Farhan ditawari honor sebesar Rp1 juta untuk penampilannya dalam acara itu," ucap Umi Fadilah.

3 dari 4 halaman

Klarifikasi dan Permintaan Maaf

Setelah viral di media sosial, Aulia Rakhman kemudian mengunggah video klarifikasi dan permintaan maaf. Melalui video tersebut, ia menjelaskan bahwa tidak ada maksud untuk menyindir Nabi Muhammad.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya ingin mengklarifikasi dan memohon maaf atas video yang beredar baru-baru ini di acara Desak Anies. Di materi tersebut, saya tidak ada maksud menyindir Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam," ucapnya.

Aulia menjelaskan lebih detail bahwa ia bermaksud untuk menyindir pemilik nama Muhammad yang beberapa di antaranya mempunyai perilaku yang tidak mencerminkan arti dari nama tersebut.

"Saya hanya bermaksud menyindir orang yang sekarang ini memiliki nama Muhammad cuma beberapa di antara mereka kelakuannya tidak mencerminkan arti dari nama tersebut," kata Aulia.

Pada kesempatan yang sama Aulia Rakhman juga menyatakan permintaan maafnya dan menyesali perbuatannya. Ia dengan tegas menjelaskan bahwa tidak ada maksud untuk menghina Nabi Muhammad.

"Saya menyesali perbuatan saya, menyesali apa yang saya sampaikan di acara tersebut. Saya mohon maaf kepada umat Islam secara keseluruhan. Tidak ada maksud saya menghina Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam atau menistakan agama saya memohon maaf saya menyesali perbuatan saya. Saya menyadari kesalahan saya," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Profil Aulia Rakhman

Melansir dari beberapa sumber, Aulia Rakhman merupakan seorang komika asal Lampung berusia 33 tahun. Ia mulai dikenal oleh publik sejak mengikuti ajang kompetisi Stand up Comedy Suci 5.

Sejak itu Aulia Rakhman mulai sering tampil di beberapa acara stand up comedy terutama di kotanya. Ia juga pernah menggelar pertunjukan tunggal bertajuk “Batas Suci” pada 2019 silam.

Aulia juga turut bergabung dengan komunitas Stand Up Comedy di kota asalnya yaitu Lampung. Saat ini, Aulia Rakhman tengah terseret kasus dugaan penistaan agama usai melakukan stand up comedy dalam acara “Desak Anies Baswedan”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.