Sukses

Peningkatan Literasi dan Masalah BBM, Jadi Topik Ganjar Saat Bertemu Kawula Muda Samarinda

Di hadapan anak muda di kota Samarinda, Ganjar menekankan kalau dirinya sangat peduli dan mendukung tentang peningkatan literasi, selain itu pemberantasan mafia BBM juga akan dilakukan

Liputan6.com, Samarinda - Dalam lawatannya ke Kalimantan Timur (Kaltim), Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo turut bertandang ke Kota Samarinda, pada Rabu (6/12/2023) malam.

Capres nomor urut 3 itu melakukan kegiatan jumpa dengan para kawula muda di Kota Tepian itu. Ribuan anak muda antusias memadati lokasi acara yang digelar Hotel Mesra, mereka datang untuk berjumpa dengan mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Di hadapan anak muda, Ganjar menekankan kalau dirinya sangat peduli dan mendukung tentang peningkatan literasi.

“Tentu peningkatan literasi harus terus dilakukan, karena ini sangat penting untuk menyambut Indonesia yang lebih baik di masa depan,” terang Ganjar menjawab pertanyaan salah satu anak muda tentang seberapa penting peningkatan literasi.

Bahkan, menurut Ganjar, pada masa kampanyenya saat ini, dirinya yang telah berkeliling ke Indonesia bagian timur, mulai dari Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Merauke, Sulawesi hingga ke Kalimantan Timur saat ini terus mendorong agar peningkatan literasi bisa terus dilakukan.

“Daerah-daerah ini cukup jauh dari pulau Jawa. Maka ini harus kita tengahkan, salah satunya dengan meningkatkan akses pendidikan. Tidak hanya wajib belajar 12 tahun. Kalau bisa kita buat juga gratis (pendidikan) 12 tahun,” tegasnya.

Selain mengenai literasi, pada kesempatan itu Ganjar juga ditanya mengenai sejumlah permasalahan yang nyata terjadi di Kaltim. Semisal nasib masyarakat asli yang berada di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga menguatnya dugaan mafia BBM. “Saya setuju (IKN tidak boleh menggeser masyarakat asli),” tekannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tindak Lanjut Masalah Antrean BBM

Sementara terkait dugaan mafia BBM yang ditujukan kepada Ganjar berawal dari besarnya sumber daya alam yang dimiliki Kaltim. Namun kenyataan di lapangan, hampir setiap hari seluruh masyarakat di Kaltim selalu antre untuk mendapatkan BBM.

“Saya juga sudah tindaklanjut itu (Dugaan mafia BBM) ke Pj (Gubernur Kaltim) dan sudah ditindaklanjuti. Ini belum jadi presiden loh,” seru Ganjar lagi.

Di akhir perjumpaan, Ganjar meminta para kaula muda untuk semua pihak bisa terlibat pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Caranya dengan menggunakan hak pilih dan secara kolektif menentukan nasib Indonesia ke arah yang lebih baik.

“Ada peluang besar dari kesempatan yang ada di Samarinda. Pada 2024, kita semua harus terlibat dan bersama menentukan negeri ini. Terlibatlah, kita tentukan nasib bersama,” pungkasnya.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini