Sukses

Profil Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Resmi Jadi KSAD

Liputan6.com, Bandung - Presiden Joko Widodo saat ini resmi melantik Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dengan pangkat Jenderal TNI. Pelantikan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (29/11/2023) siang.

Pelantikan Maruli Simanjuntak juga sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat. Melalui acara tersebut dia membacakan sumpah jabatannya dipandu oleh Presiden Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ujar Maruli mengutip dari Antara.

Setelah membacakan sumpah jabatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan. Diketahui melalui pelantikan tersebut Maruli mendapatkan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal TNI.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh sejumlah pejabat di antaranya Menteri Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Saat ini, Maruli Simanjuntak mengisi posisi yang sebelumnya dijabat oleh Jenderal Agus Subiyanto yang kini resmi menjadi Panglima TNI. Selain itu, sebelum resmi menjabat posisi KSAD disebut-sebut akan diisi oleh seseorang berinisial M.

Adapun jenderal bintang tiga yang berinisial M hanya Letjen Maruli Simanjuntak yang menjabat sebagai Pangkostrad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Maruli Simanjuntak

Melansir dari beberapa sumber Maruli Simanjuntak merupakan seorang pria kelahiran 27 Februari 1970 di Bandung, Jawa Barat. Ia merupakan anak ketiga dari lima bersaudara dan berasal dari keluarga Batak yang merantau ke Jawa.

Diketahui ayah Maruli Simanjuntak merupakan seorang guru dan ibunya mempunyai profesi sebagai perawat. Sebelum menjabat sebagai KSAD, Maruli mempunyai jabatan sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad) sejak 31 Januari 2022.

Maruli juga merupakan seorang Abituren Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 dan sudah berkarier sejak lama. Dia pernah memegang beberapa jabatan strategis dalam karier militernya.

Maruli Simanjuntak juga merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan. Dia menikah dengan anak Luhut yang bernama Paulina Panjaitan sejak 1999.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Maruli Simanjuntak

Maruli Simanjuntak pernah menempati jabatan strategis dalam karier militernya di antaranya Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2 Kopassus. Kemudian menjadi Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus).

Ia juga dipercaya sebagai Wakil Komandan Grup 1 Kopassus dan dipercaya mengisi posisi sebagai Komandan Grup 2 Kopassus hingga tahun 2014. Selain itu di tahun yang sama ia juga pernah menjadi Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) hingga tahun 2016.

Sejak itu, pada tahun yang sama, Maruli menjabat sebagai Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama. Ia bahkan pernah meraih penghargaan sebagai Danrem terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional Tahun 2016.

4 dari 4 halaman

Dilantik Menjadi KSAD

Sebelum dilantik menjadi KSAD Maruli pernah diamanahkan posisi sebagai Wakil Komandan Paspampres dari tahun 2017 hingga 2018. Kemudian dia menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro.

Sejak itu dia kembali mendapatkan promosi jabatan sebagai Komandan Paspampres dan lanjut memegang tongkat komando sebagai Pangdam IX/Udayana. Diketahui Maruli menjabat sebagai Pangkostrad di awal tahun 2022.

Adapun saat ini Maruli Simanjuntak telah resmi dilantik sebagai KSAD baru pada 29 November 2023. Ia menggantikan posisi Jenderal Agus Subiyanto yang saat ini telah menjadi Panglima TNI.

Melalui jabatannya tersebut, Maruli Simanjuntak kini resmi menyandang pangkat sebagai Jenderal TNI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini