Sukses

Hikayat Rambut Palsu Purbalingga yang Jadi Favorit di Italia

Rambut palsu atau yang biasa disebut wig kualitas terbaik memang disarankan dibuat dengan bahan baku rambut manusia

Liputan6.com, Purbalingga - Siapa sangka rambut manusia bisa menjadi salah satu produk yang bisa dieskpor ke berbagai negara. Ternyata Purbalingga menjadi salah satu Kabupaten yang mampu menjadi penyedia rambut berkualitas untuk di ekspor menjadi bahan baku pembuatan wig dan ekstensi rambut.

Rambut palsu atau yang biasa disebut wig kualitas terbaik memang disarankan dibuat dengan bahan baku rambut manusia. Negara-negara mode seperti Italia kerap meminta rambut bekas potong, dari negara-negara Asia seperti Indonesia dengan alasan rambut Asia berwarna hitam.

Hal itu diamini oleh Adrianus Widya Krisnadi atau yang lebih akrab disapa Krisna, pendiri PT. Bejana Cita Settara (PT BCS), yang beralamat di Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari. PT BCS telah berhasil mengekspor produknya hingga ke Italia.

"Saya memulai bisnis ini hanya sebagai trader, saya punya klien yang ingin dikirimkan sampel rambut, lalu saya kirim lah beberapa sampel rambut sekitar tahun 2020 di bulan Agustus, saya kirim ke Italia. Kemudian setelah itu pesanannya bertambah, kebutuhan semakin banyak sampai sekarang. Setiap bulan bisa memproduksi hingga 2 ton," terangnya.

Krisna menjelaskan pasar Eropa menyukai rambut Indonesia karena karakteristiknya yang bagus untuk diwarnai. Sebelum di ekspor pabriknya akan mengolah rambut dengan cara diuraikan, disisir, dicuci, dan dikemas ulang sebelum dikirimkan.

"Kalau rambut Indonesia karakteristiknya bagus untuk diwarnai, seperti warna silver, warna pirang, jadi bagus sekali. Jadi nanti bahan baku ini akan mereka warnai kemudian dijadikan wig atau ekstention rambut. Kemudian dijual ke beberapa negara seperti Amerika, Spanyol, dan ada juga ke Jerman," katanya, mengutip keterangan Kominfo Purbalingga.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Plasma

Keberhasilan PT. Bejana Cita Settara memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Purbalingga melalui peningkatan lapangan kerja dan pendapatan, sehingga turut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Purbalingga. Krisna menyebutkan, dalam hal besaran upah yang diberikan, pihaknya selalu berupaya memberikan upah yang layak.

"Perusahaan saat ini sudah mempekerjakan 80 pekerja, dan membuat plasma di desa-desa dengan lebih dari 200 pekerja," ungkapnya.

Saat ditanya penghasilan, salah seorang pekerja wanita dari Desa Karangjambe, Sasti, mengaku dengan bekerja di pabrik ini dia bisa membantu perekonomian keluarga dan menyekolahkan anaknya.

"Hasilnya lebih mencukupi yang sekarang. Semoga PT BCS tambah jaya semakin maju biar bisa mencukupi karyawan," katanya

Sementara itu, Sukri, yang sehari-hari bertugas mencuci rambut merasa betah bekerja di PT. Bejana Cita Settara. Dia berharap perusahaan tersebut terus berkembang sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar.

"Banyak terbantu sekali, karena disini kan upahnya agak lumayan, juga terjamin disini kalau siang dijatah makan. Harapannya tambah maju sehingga perekonomian masyarakat sekitar bisa terbantu," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.