Sukses

Yuk Menengok Desa Wisata di Pegunungan Kendeng

Kondisi di Pegunungan Kendeng mulai berkembang dengan adanya desa wisata.

Liputan6.com, Pati - Pegunungan Kendeng yang merupakan pegunungan karst, terdiri atas batuan kapur kini mengalami perkembangan. Potensi wisata di kawasan tersebut mulai digali hingga melahirkan desa wisata.

Salah satu desa wisata di lereng Pegunungan Kendeng berada di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo Pati, Jawa Tengah. Desa Wisata Kedumulyo memiliki bentang alam persawahan dan pegunungan yang cocok untuk wisata alam.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), tersedia sejumlah paket wisata agar pengunjung dapat menikmati indahnya alam sambal bertualang di lereng Pegununan Kendeng yang sekarang mulai berbenah ini.

Ada Paket Pagi (Sunrise) mulai pukul 06.00 WIB dan Paket Sore (Sunset) mulai pukul 04.00 WIB untuk melakukan Guareh Bike Tour, yakni menyusuri alam dengan bersepeda. Di paket ini, wisatawan mendapatkan fasilitas sewa sepeda, minuman, tour guide, dan dokumentasi.

Ada juga atraksi pada paket Tari Barong dan Jaranan. Di paket ini, wisatawan akan disuguhkan pertunjukan tarian tradisional Barong dan Jaranan yang jenaka sekaligus menegangkan.

Pertunjukan di kaki pegunungan yang sekarang menjadi desa wisata ini menceritakan seorang pawang barong menggunakan topeng mengendalikan barongan berwujud harimau diselingi dengan tari tarian jaran kepang.

Yang unik lagi adalah tradisi Lamporan. Wisatawan bisa ikut bersama warga untuk membawa obor bambu menuju ke atas bukit dan diakhiri doa dan makan bareng dengan warga setempat.

Ada juga paket wisata menyusuri Gua Lowo, bermain air di Sendang Gua Wareh, hingga tracking di Sungai Gua Lowo. Sejumlah paket wisata itu dibanderol cukup murah, yakni mulai Rp50.000 per paket.

Jika dulu tidak pernah terdengar soal objek wisata di Pegunungan Kendeng, sekarang justru ada Desa Wisata yang siap menjamu kalian. Untuk urusan menginap pun, di Desa Wisata Kedumulyo juga sudah tersedia homestay.

Secara kebetulan, letak Desa Wisata Kedumulyo memang cukup dekat dengan sejumlah objek wisata alam, antara lain Gua Wareh, Gua Lowo, Gua Lemburan, Bukit Teletubies, dan Sumber Asem Bosok.

Wilayah kaki Pegunungan Kendeng yang sekarang disulap sebagai desa wisata ini memiliki dua sendang dengan mata air yang sangat jernih dan mengalir sepanjang tahun, yaitu Gua Wareh dan Sumber Asem Bosok.

Dengan lokasi yang ciamik dan sejumlah paket wisata yang ada, tentu wisatawan akan puas menyusuri lereng Pegunungan Kendeng di Desa Wisata Kedumulyo. Yuk, gas!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini