Sukses

Dongkrak Ekonomi Syariah, Wapres Kukuhkan KDEKS Kalteng

Guna mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin memperkuat kelembagaan dengan membentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di Palangka raya, Kalimantan Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Guna mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin memperkuat kelembagaan dengan membentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Ma'ruf Amin menilai pembentukan KDEKS diharapkan mampu menyokong penguatan ketahanan ekonomi nasional di tingkat wilayah. Tak hanya itu, komite tersebut dibentuk juga memliki peran untuk memperkuat pengembangan industri produk halal di Indonesia.

Hal tersebut selaras dengan menjadikan indonesia sebagai produsen halal terbesar di dunia. Sebab saat ini, banyak negara yang mulai mengembangkan ekonomi syariah ke berbagai praktik bisnis salah satunya China dan Rusia.

"Ini merupakan suatu program yang dijalankan untuk menggerakan ekonomi di tingkat daerah, kami berharap ekonomi syariah dapat menjadi ekonomi baru dan alternatif yang dapat memperkuat ekonomi nasional" ujar Ma'ruf Amin, Selasa (24/10/2023).

Wapres juga menjelaskan jika saat ini Provinsi Kalteng sangat aktif berperan dalam upaya pengembangan ekosistem syariah di wilayahnya. Ia berharap, langkah ini dapat dilanjutkan secara berkesinambungan hingga memiliki dampak yang kuat di skala nasional maupun internasional.

“Kekayaan sumber daya alam, komoditas pertanian unggulan, pariwisata ramah muslim dan sebagainya, harus dikelola dengan lebih baik. Hilirisasi juga harus digencarkan agar produk-produk unggulan Kalimantan Tengah meningkat nilai tambahnya dan menembus pasar mancanegara,” tambahnya.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyangga IKN

Ma'ruf Amin juga mengatakan, Provinsi Kalteng berperan strategis sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Oleh karena itu, pemerintah saat ini terus memacu pembangunan daerah-daerah penyangga, termasuk wilayah berjuluk Bumi Tambun Bungai ini.

Sementara itu Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran yang hadir dalam acara tersebut juga menyampaikan harapannya kepada pengurus KDEKS Provinsi Kalteng, agar mampu memberikan kontribusi terbaiknya dalam perkembangan ekosistem syariah di wilayahnya dan Indonesia.

Sugianto Sabran menilai kehadiran Wakil Presiden memberikan semangat dan bimbingan pengetahuan bagi seluruh masyarakat Kalteng, agar mampu menerjemahkan dengan tepat konsep Ekonomi dan Keuangan Syariah ke dalam pembangunan sendi-sendi perekonomian daerah dan nasional.

"Kehadiran KDEKS Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan mampu memberikan masukan dan merekomendasi kebijakan daerah, provinsi, kabupaten, kota, dalam mendukung perkembangan industri lokal," pungkas Sugianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.