Sukses

Lindungi Badak Cula Satu, Jalur Wisata Jalan Kaki Ditutup

Jadi habitat Badak Bercula Satu, jalur wisata trakking atau jalan kaki di Semenanjung Ujung Kulon, resmi ditutup pada 01 November 2023 nanti.

Liputan6.com, Pandeglang - Jadi habitat Badak Bercula Satu, jalur wisata trakking atau jalan kaki di Semenanjung Ujung Kulon, resmi ditutup pada 1 November 2023 nanti. Penutupan dilakukan untuk pemulihan ekosistem sekaligus perlindungan habitat Badak Jawa yang masuk dalam kategori critically endangered dalam daftar Red List Data Book yang dikeluarkan oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

Badak Jawa juga terdaftar dalam Apendiks I Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES), sebagai jenis yang jumlahnya sangat sedikit di alam dan dikhawatirkan akan punah. 

"Pengamatan kami sejak tahun 2020, menunjukan bahwa aktivitas badak sudah sangat jarang ditemui di jalur-jalur track wisata dan bergeser ke lokasi yang lebih aman, sementara habitat Badak Jawa hanya ada di Semenanjung Ujung Kulon," ujar Ardi Andoni, Kepala Balai TNUK, dalam keterangan resminya, dikutip Senin, (23/10/2023).

TNUK menjadi habitat terakhir badak cula satu di dunia, luasnya mencapai 105.694,46 Ha. Badak jawa juga diklasifikasikan sebagai jenis satwa dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018, tentang perubahan kedua atas permen Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018, tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Badak Jawa membutuhkan daerah jelajah tertentu dan menentukan pola perilaku di alam. Sehingga Badak Cula Satu cenderung menghindar jalur-jalur yang berpotensi sering dilewati untuk beraktivitas.

"Badak Jawa salah satu satwa yang paling pemalu dan sangat mengindari manusia. Bukan hanya bertemu langsung, juga menghindari jejak manusia, bau dan suara manusia juga bekas aktivitas manusia lainnya," terangnya.

Wilayah semenanjung Ujung Kulon ditutup total, hanya peneliti saja yang bisa masuk ke daerah tersebut. Sehingga meminimalisir kegiatan manusia di habitat asli badak bercula satu.

Semakin alami rumah badak, diharapkan mereka bisa terus hidup dan berkembang biak secara alami, sehingga bisa terus lestari.

"Kami mulai menerapkan program fully protected areas untuk wilayah semenanjung Ujung Kulon, kecuali untuk kegiatan penelitian dan konservasi Badak Jawa," jelasnya.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Wisata Jalan Kaki yang Ditutup

Berikut jalur trakking atau jalan kaki yang ditutup oleh Balai TNUK: 

a. Jalur trakking di seluruh wilayah semenanjung ujung kulon dan jalur trakking Cilintang - Karang Ranjang-Kalejetan - Legon Pakis.

b. Kunjungan ziarah ke Sanghyang Sirah, diperkenankan hanya melalui Bidur

Adapun kegiatan trakking dan wisata alam terbatas masih bisa dilaksanakan pada lokasi sebagai berikut :

1. Pulau Peucang (trakking dan wisata perairan).

2. Pulau Handeleum (wisata perairan).

3. Pulau Panaitan, antara lain :

• Trakking Jalur Legon Butun – Legon Bajo – Ciharashas.

• Trakking Jalur Legon Butun – Karang Masjid – Karang Jajar – Legon Bajo - Legon Butun.

• Trakking Jalur Pendakikan Citambuyung – Gunung Raksa.

4. Gunung Honje, antara lain : 

• Jalur Goa Ciguha.

• Jalur Sungai Cicegog.

• Jalur Curug Cikawung.

• Jalur Curug Dengdeng.

• Jalur Curug Batususuan.

• Jalur Curug Cihangasa.

• Jalur Mata Air Panas Cibiuk.

• Jalur Mata Air Panas Cisaat.

• Jalur Curug Ciburuluk.

• Jalur Pendakikan Puncak Gunung Honje.

• Penziarahan Gunung Tilu.

• Penziarahan Paniisan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.