Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Optimis Angka Stunting di Deli Serdang Turun pada 2024

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, optimis angka stunting turun pada 2024 mendatang. Menurutnya, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) akan mencapai target prevalensi nasional sebesar 14 persen.

Liputan6.com, Deli Serdang Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, optimis angka stunting turun pada 2024 mendatang. Menurutnya, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) akan mencapai target prevalensi nasional sebesar 14 persen.

Hal itu dikatakan Wapres Ma'ruf Amin usai meninjau Posyandu Melur 4, di Jalan Sultan Serdang, Gang Karya I, Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batangkuis, Deli Serdang, Rabu, 18 Oktober 2023.

"Deli Serdang itu sudah di bawah nasional, sekarang 13,9 persen. Jadi nanti kalau tahun depan (2024) sudah, sekarang dia sudah di bawah 14 persen," ucapnya.

Namun di sisi lain, sebut Ma'ruf, di tingkat Provinsi Sumut penurunan stunting mencapai 21 persen. Sehingga diperlukan upaya bersama agar 2024 dapat mencapai target nasional.

"Tingkat provinsi 21 persen, masih akan berjuang, dan kita berharap harus ada penurunan, untuk mencapai 14 persen," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perlu Dilakukan Percepatan Penurunan Stunting

Ma'ruf Amin menekankan, untuk mencapai target nasional tersebut dalam waktu yang tidak lama lagi, perlu dilakukan percepatan.

"Ini harus diusahakan betul, percepatan penurunan, sehingga target kita untuk mencapai 14 persen itu bisa dicapai," tegasnya.

Sebagaimana pentingnya percepatan penurunan angka stunting, adalah dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan unggul.

"Perlu ada kerja kolaboratif, dan semua lembaga terkait turun tangan untuk mencapai target tersebut," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Upaya Pemprov Sumut

Dalam rangka penurunan angka stunting, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, didampingi Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit menyebutkan, perkembangan penurunan stunting di provinsi ini cukup baik.

"Dari 2019 lalu di angka 30,11 persen, turun setiap tahunnya, hingga pada 2022 menjadi 21,1 persen. Bahkan lebih rendah dibandingkan nasional 21,6 persen," ungkapnya.

Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit menuturkan, dengan upaya dan kerja keras selama ini hingga masa mendatang, Pemprov Sumut menargetkan pada 2023 angka stunting bisa turun di angka 17 persen.

"Sehingga di 2024, sebagaimana target nasional, bisa mencapai 14 persen. Hal ini agar Sumut bisa menjadi penyumbang angka penurunan stunting bagi Indonesia," ucapnya.

"Sebagaimana arahan Pj Gubernur Sumut, harus berkolaborasi semua lini. Karena masalah stunting tidak bisa hanya bicara bidang kesehatan saja, tetapi ada faktor lain, termasuk lingkungan dan lainnya," sambung Alwi.

Pemprov Sumut juga berharap dengan adanya tim percepatan penurunan stunting hingga tingkat bawah, dapat berjalan efektif hingga menurunkan angka stunting, sebagaimana target nasional di 2024 mencapai 14 persen.

4 dari 4 halaman

Tekan Angka Stunting

Kunjungan kerja (kunker) Wapres Ma'ruf Amin tersebut sekaligus melihat upaya pemerintah di tingkat desa dalam menekan angka stunting di Indonesia.

Wapres yang meninjau Posyandu tersebut juga didampingi istri, Wury Ma’ruf Amin, Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, serta para pejabat lainnya di tingkat provinsi maupun kabupaten.

Dalam peninjauan kali ini, Wapres Ma'ruf Amin memberikan paket bantuan makanan tambahan kepada anak penerima manfaat. Didampingi para orang tuanya, tampak anak-anak tersebut tersenyum ceria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.