Sukses

Edy Rahmayadi: Suatu Kebanggaan Pernah Menjadi Bagian dari Keluarga Besar TNI

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) ke-18, Edy Rahmayadi, menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Astaka Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Pemerintah Provinsi Sumut, Jalan Williem Iskandar, Deliserdang.

Liputan6.com, Medan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) ke-18, Edy Rahmayadi, menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Astaka Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Pemerintah Provinsi Sumut, Jalan Williem Iskandar, Deli Serdang.

Pada momen HUT ke-78 TNI, Kamis, 5 Oktober 2023, pria yang akrab disapa Ayah itu hadir dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam.

Edy Rahmayadi juga mengenakan baret Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) berwarna hijau dengan 3 bintang.

Edy mengatakan, suatu kebanggaan baginya pernah menjadi bagian dari keluarga besar TNI. Berjuang dan mengabdi sebagai seorang prajurit TNI.

"Suatu kebanggaan bagi saya pernah menjadi salah satu bagian dari keluarga besar TNI. Semoga TNI terus berdiri tegak dan kokoh sebagai anak kandung rakyat, mengorbankan jiwa dan raganya demi melindungi bangsa dan negara," kata Edy Rahmayadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

TNI Tetap Semangat Membara

Edy Rahmayadi berharap, di usia 78 tahun ini, TNI tetap memiliki semangat membara, semangat juang tinggi demi membela tanah air.

"Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia ke-78. Berjayalah selalu TNI menjadi garda terdepan perjuangan rakyat dalam membela bangsa dan negara, TNI patriot NKRI, pengawal demokrasi untuk Indonesia maju," tegasnya.

Usai upacara, Edy juga ikut serta memotong tumpeng bersama Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting.

Juga Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, dan Kejati Sumut Idianto. Hadir juga tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, dan OPD terkait Pemprov Sumut.

3 dari 4 halaman

Jaga Netralitas di Tahun Politik

Terpisah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia (HUT ke-78 TNI) di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis, 5 Oktober 2023. Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana serta Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wurry Estu Handayani.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyinggung akan datangnya tahun politik Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Dia pun memerintahkan prajurit TNI menjaga netralitas di tahun politik. Selain itu, Jokowi menekankan TNI harus terus menjaga sinergitas dengan Polri, khususnya pada Pemilu 2024.

"Tetap jaga sinergitas dengan Polri, dan tetap jaga netralitas TNI dan tetap pelihara watak kesatria," ujar Jokowi dalam Peringatan HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

"Selalu jadikan Sapta Marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak," sambung Jokowi.

4 dari 4 halaman

Jaga Kondisi Tetap Damai

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta TNI tetap menjaga kondisi tetap damai dan memadamkan percikan sekecil apa pun. Jokowi meminta TNI memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa beda pilihan politik dan menang kalah dalam Pemilu adalah hal yang wajar.

"Kita telah memasuki tahun politik. saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun," ucap dia.

"Berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar, menang dan kalah itu juga wajar," sambung Jokowi.

Adapun Mayjen TNI Choirul Anam bertindak sebagai Komandan Upacara HUT ke-78 TNI di Monas. Tampak hadir dalam Upacara HUT ke-78 TNI yakni, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lalu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menko Polhukam Mahfud Md, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selanjutnya, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, hingga Ketua KPK Firli Bahuri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.