Sukses

Saat Ribuan Anak Putu Banokeling Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

ribuan warga Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Tunggul Jati, Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang Minggu (1/10/2023)

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro bersama ribuan warga Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Tunggul Jati, Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang Minggu (1/10/2023). Upacara tersebut diikuti oleh seluruh elemen masyarakat termasuk masyarakat adat Bonokeling Desa Pekuncen.

Hanung mengatakan upacara ini merupakan wujud bahwa masyarakat Banyumas memiliki jiwa patriotik yang sangat tinggi. Tidak pernah melupakan jasa pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Saya melihat masyarakat Banyumas memiliki jiwa kesatria. Kuat dalam menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan serta berkarakter," katanya dihadapan kurang lebih 3.000 peserta upacara.

Antusiasme masyarakat Kecamatan Jatilawang cukup tinggi untuk menyambut kedatangan Pj Bupati Banyumas. Mereka sudah standby sejak pukul 07.00. Hal itu membuat Hanung senang dan tidak salah memilih Kecamatan Jatilawang, khususnya Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang sebagai lokasi upacara.

"Inilah Desa Pancasila. Kenapa hari ini saya upacara di sini karena saya ingin melihat secara langsung keberadaan desa ini kehidupannya seperti apa. Saya lihat secara langsung bagaimana tadi rukun, guyubnya masyarakat yang hadir tadi hampir 3.000 ikut upacara," ujar Hanung usai upacara.

Hanung menjelaskan masyarakat Desa Pekuncen Jatilawang sangat bagus dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Mulai sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa hingga sila kelima Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Terutama dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya, seperti gotong royong, tepa selira, dan saling menghormati.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Impelementasi 5 Sila di Masyarakat Adat Banokeling

"Ini desa yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Kehidupan gotong royong bagus, tepa selira-nya bagus, bisa dilihat juga penghormatan yang muda kepada yang tua, yang tua mengayomi yang muda. Keberagaman beragama di sini juga sangat bagus, rukun tidak ada sesuatu yang membikin perpecahan, gotong royong jalan, semua jalan," jelasnya.

Hanung berharap, apa yang selama ini sudah dilakukan oleh masyarakat Desa Pekuncen bisa menjadi role model. Praktik itu sebisa mungkin harus bisa direplikasi oleh desa-desa lain di Banyumas.

"Saya kira ini perlu direplikasi di seluruh desa di Kabupaten Banyumas," katanya.

Kepala Desa Pekuncen, Karso, mengatakan, Desa Pekuncen menjadi pusat keturunan atau anak-cucu Kiai Bonokeling. Sampai saat ini anak-cucu dan masyarakat sekitar masih menjaga kerukunan dan adat budaya yang sudah diwariskan turun-temurun.

"Karakternya orang Jawa ada di sini, gotong royong pasti ada," ujarnya.

Ia menambahkan, implementasi kelima sila Pancasila sudah dilakukan masyarakat Desa Pekuncen dalam keseharian telah dipraktikkan sejak dulu. Kehidupan masyarakat Desa Pekuncen adalah implementasi kelima sila itu.

"Implementasi Pancasila dalam keseharian ya di sini, masyarakat warga Desa Pekuncen. Pancasila, jangan lupa, jangan hanya hafal kalimatnya tetapi dilaksanakan dalam keseharian," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.