Sukses

Kebakaran Melanda TPA Jatibarang Semarang, Api Cepat Menjalar

Kebakaran melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Jatibarang di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/9/2023).

 

Liputan6.com, Semarang - Kebakaran melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Jatibarang di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/9/2023). Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu menyebutkan, kebakaran TPA Jatibarang dipicu terbakarnya ilalang di sekitar tempat pembuangan sampah yang sudah tidak beroperasi lagi lalu merambat dengan cepat.

"Ada semak belukar kering kemudian lokasi terkunci, tidak ada orang yang menjaga," kata Hevearita saat mengecek kebakaran TPA Jatibarang. Lahan TPA yang terbakar bahkan sudah mencapai 1 hektare.

Dirinya mengatakan zona satu merupakan kawasan yang pertama terbakar. Kebakaran yang melanda zona satu, sudah mulai bisa dikendalikan dan dalam proses pendinginan.

"Zona pertama sudah pendinginan karena kemungkinan masih ada api-api yang kecil," katanya.

Hembusan angin yang kuat, lanjut dia, mengakibatkan api merembet ke zona yang merupakan bekas pabrik pupuk.

Ia mengatakan selain kendaraan pemadam kebakaran milik Pemkot Semarang, pemadaman api juga dibantu kendaraan milik Pemkab Semarang Kendal.

Selain itu, kata dia, mobil tangki milik PDAM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, serta instansi lainnya juga dikerahkan untuk membantu pasokan air.

"Bantuan truk tangki ini agar mobil pemadam tidak perlu keluar untuk mencari pasokan air," katanya.

Sebelumnya, kebakaran melanda kawasan TPA Jatibarang, Kota Semarang, pada Senin siang. Api pertama kali muncul di bekas TPA di bagian atas yang merembet ke bagian bawah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini