Sukses

Mensyukuri Pagi dan Senja sambil Mencium Mangga Saat Ngopi di Bekasi

Mencampur kopi dengan buah.

Liputan6.com, Bekasi - Menyeruput kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup kebanyakan masyarakat di berbagai daerah, khususnya kaum muda. Tak heran jika kedai kopi semakin menjamur, seiring meningkatnya pecinta minuman yang berasal dari Ethiopia ini.

Tak hanya robusta dan arabika, banyak kedai yang juga menyajikan kopi dengan berbagai mix dan varian. Tak jarang kedai kopi berlomba-lomba menciptakan inovasi baru untuk memuaskan lidah pelanggannya. Salah satunya mencampur kopi dengan buah.

Kombinasi unik ini sudah banyak tersedia di kedai-kedai kopi kekinian yang menyasar kalangan anak muda. Yang paling terkenal saat ini mungkin kopi dengan campuran alpukat.

Namun tahukah Anda, ada salah satu kedai kopi di Bekasi, Jawa Barat, yang menyediakan varian kopi mangga. Ya, kopi varian unik ini merupakan salah satu menu di kedai kopi bernama Mahajana atau dalam bahasa Sansekerta 'Segala Sesuatu nama yang besar atau orang besar'.

"Rasa varian kita ada juga beda, kopi mangga, itu baru, dan lumayan best selling juga. Jadi se8enarnya sama kaya kopi gula aren, tapi sirupnya kita tuh pake sirup mangga," kata Muhamad Fajar Panuntun, owner kedai kopi Mahajana kepada Liputan6.com, Rabu (13/9/2023).

Menurutnya, sejauh ini varian kopi mangga belum ada tersedia di kedai kopi lain. Hal ini lah yang membuat kedai kopi Mahajana berbeda dan semakin dilirik para pecinta kopi. Kebanyakan, para pecinta kopi pun datang saat pagi dan sore hari di Bekasi.

"Tapi kalau buat di Bekasi, emang dari dulu waktu jualan online tuh, paling laku ya kopi mangga. Ini menjadi best selling sih," ujar mahasiswa semester akhir jurusan Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara itu.

Kedai kopi yang berlokasi di Kampung Cibitung, Padurenan, Mustikajaya, Kota Bekasi, itu diketahui baru sekitar satu bulan beroperasi. Namun siapa sangka, omset per hari kini sudah mencapai setengah juta saat weekday dan dua kali lipat saat weekend.

Keunggulan lainnya dari kedai kopi Mahajana, yakni konsep outdoor yang menawarkan sensasi minum kopi dengan suasana cozy dan santai. Terdapat pula area olahraga yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mencari keringat.

Setiap weekend, pengunjung akan disuguhkan penampilan live music ataupun event lain, seperti nobar dan e-sport.

Fajar mengaku usaha yang didirikan bersama tiga rekannya itu, berawal dari kebiasaannya nongkrong sambil ngopi. Akhirnya tercetuslah ide berjualan kopi dengan penjualan awal melalui online.

"Kita udah jualan online dulu waktu covid, 2021 sampai 2022. Kita jualan (kopi) botolan. Setahun vakum, terus sama teman (disarankan) coba buka offline store-nya," ujar anak politisi senior PDIP itu.

Karena target pasarannya anak muda, Fajar menyediakan range harga yang ramah di kantong, yakni mulai dari Rp 18 ribu hingga Rp 24 ribu. Kemasan kopi juga menggunakan cup plastik agar lebih praktis dan tidak rentan pecah.

"Rencananya kita mau buat yang pakai gelas untuk yang hot. Karena kemarin coba buat yang hot pakai cup, jadi kurang nikmat dan panasnya juga beda," celetuknya.

Selain kopi, kedai Mahajana juga menyediakan berbagai aneka minuman lain yang tak kalah enak, seperti matcha, cokelat, teh hingga mocktail. Sedangkan untuk camilan ringan, tersedia aneka olahan kentang, sosis dan nugget.

Saat ini Fajar dibantu tiga orang pegawai dalam menjalankan bisnisnya. Ia berharap usahanya dapat semakin maju, hingga akhirnya bisa membuka sejumlah cabang dan menjadi enterpreneur sukses di usia muda.

"Sebulan berdiri kedai kopi Mahajana, siapa tahu kedai ini bisa menjadi besar seperti arti namanya, amin," imbuh Fajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.