Sukses

Meksiko Pamerkan Jasad Alien Diduga Berusia 1.000 Tahun, Ini Fakta-faktanya

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan penemuan jasad diduga alien yang dipamerkan dalam sidang di Meksiko.

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini publik dihebohkan dengan kabar kemunculan jasad alien yang dibagikan dalam Sidang Kongres di Meksiko. Diketahui, sidang yang berlangsung pada Selasa (12/9/2023) menampilkan dua jenazah mumi diduga alien.

Melalui foto-foto yang beredar, terlihat jasad mumi yang diduga makhluk luar angkasa tersebut ditampilkan dalam dua etalase kecil di ruang sidang. Adapun jasad tersebut dibawa oleh seorang jurnalis dan peneliti kontroversial asal Meksiko, Jaime Maussan.

"Ini adalah pertama kalinya (kehidupan di luar bumi) ditampilkan dalam bentuk seperti itu dan saya pikir ada demonstrasi yang jelas bahwa kita sedang berhadapan dengan spesimen bukan manusia yang tidak ada hubungannya dengan spesies lain di dunia kita," ujar Jamie melansir dari Washingtonpost.

Mussan menyebutkan analisis dari National Autonomous University of Mexico kemungkinan jasad alien tersebut berusia sekitar 1.000 tahun. Adapun jenazah kedua makhluk diduga alien tersebut ditemukan pada 2017 di Peru.

Jasad diduga alien tersebut mempunyai warna keabu-abuan dengan fitur wajah yang mirip dengan manusia dan penggambaran alien yang diketahui manusia saat ini. Terdapat tiga jari yang dimiliki jasad tersebut dengan bagian kepala yang memanjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dinilai Tak Masuk Akal

Namun demikian, banyak warganet yang menilai jika informasi tersebut tidak masuk akal dan memunculkan perdebatan. Bahkan, peneliti di Institut Astronomi di UNAM yaitu Julieta Fierro menyebutkan jika banyak rincian dari sosok alien tersebut yang tidak masuk akal.

Ia juga mengungkapkan klaim para peneliti dari universitasnya yang mendukung penemuan mereka adalah keliru.

Fierro juga menjelaskan bahwa ilmuwan membutuhkan teknologi canggih daripada sinar-X yang diklaim mereka untuk menentukan jika jasad tersebut adalah makhluk seperti alien.

Melansir dari AP News, Fierro juga menunjukan jika penanggalan karbon-14 yang digunakan untuk menentukan usia spesimen juga tidak akan berguna jika makhluk tersebut dari planet lain.

Sebabnya, unsur kimiawi yang dimilikinya bisa berbeda dan diperlukan metode lain untuk benar-benar menganalisis usia makhluk tersebut yang sebenarnya.

3 dari 3 halaman

Dikenal sebagai Sosok yang Kontroversial

Sosok Jaime Maussan yang membawa jasad diduga alien tersebut dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Ia mempunyai rekam jejak palsu mengenai UFO sebelum adanya penemuan jasad alien baru-baru ini.

Melansir dari The Independent, salah satu penemuannya mengenai lima mumi di Peru pada 2015 lalu. Dalam temuan yang diklaim sebagai alien tersebut akhirnya terbukti sebagai mumi anak-anak manusia dengan kelainan bentuk kepala.

Adapun lima mumi yang ditemukan tersebut mempunyai tangan berjari tiga sehingga disebut-sebut sebagai makhluk alien. Tetapi beberapa mumi tersebut kemungkinan sebagai kombinasi dari hasil penjarahan serta manipulasi mumi dari manusia yang utuh.

Kemudian pada 2017 Maussan juga pernah membuat klaim serupa di Peru seperti yang baru-baru ini diumumkan di Sidang Meksiko. Tetapi faktanya kantor kejaksaan setempat menemukan jika mayat tersebut adalah boneka yang baru diproduksi dan dilapisi campuran kertas serta lem sintetis untuk meniru kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.