Sukses

Terus Jalin Relasi dengan Pers, dan Realisasikan Program Peduli Lingkungan, PAMA Ajak Tanam Mangrove

Mengambil semangat terus bertumbuh, PT Pamapersada Nusantara (PAMA) pada 4-5 September, mengadakan media gathering. Kegiatan kali ini makin spesial karena menjadi ulang tahun ke-30 PAMA. Bersama Kalimantan Prima Persada (KPP) Mining, sebanyak 28 wartawan dari berbagai media lokal dan nasional.

Liputan6.com, Balikpapan - Mengambil semangat terus bertumbuh, PT Pamapersada Nusantara (PAMA) pada 4-5 September, mengadakan media gathering. Kegiatan kali ini makin spesial karena menjadi ulang tahun ke-30 PAMA. Bersama Kalimantan Prima Persada (KPP) Mining, sebanyak 28 wartawan dari berbagai media lokal dan nasional diajak berkumpul di Hotel Four Points Balikpapan.

Chief Balikpapan Operation (BPOP) Expert PAMA, Sulasman menjelaskan, tema yang dibawa PAMA dalam ulang tahun yang ke-30 adalah “Road to 30 Years PAMA – Sustainability Growth”. Di mana di usia yang dewasa tersebut, perusahaan yang bergerak sebagai kontraktor pertambangan telah banyak memberikan manfaat. Tidak hanya kepada negara, namun juga masyarakat dan lingkungan melalui Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dan anak perusahaan PAMA.

“Dan apa yang sudah diraih PAMA tidak lepas dari peran media. Karena itu media gathering ini merupakan bentuk apresiasi kepada media yang turut andil dalam mempublikasikan kegiatan dan prestasi PAMA serta upaya mempererat relasi media di Kaltim,” ungkap Sulasman yang membuka acara media gathering.

Selanjutnya, hadir pula CSR Departement Head PAMA Maidi Irvan, dan Gunawan Setiadi sebagai Security External Relations Department Head PAMA, serta Daniel selaku CSR Section Head PT Kalimantan Prima Persada (Anak Perusahaan PAMA). Kegiatan media gathering kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari dua narasumber yaitu Bayu Handoko S selaku CSR Section Head PAMA Site Kideco dan Bangkit Pratama sebagai Communication Management Officer KPP.

Dalam topik yang dibawakan yaitu tentang tanggung jawab sosial. Mulai yang dilakukan PT PAMA, hingga program CSR pada PAMA Site Kideco (KIDE) yang terdiri dari lima pilar yakni ekonomi, kesehatan, lingkungan, pendidikan dan sosial budaya.

Dalam pemaparannya, CSR PAMA Site KIDE pada pilar ekonomi, berhasil membina 142 UMKM Binaan. Pada pilar kesehatan dilaksanakan melalui salah satunya penanggulangan stunting Kabupaten Paser.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paparkan Sejumlah Program CSR

Sedangkan pada pilar pendidikan, PAMA Site KIDE mempunyai program pelatihan guru sekolah adiwiyata, peningkatan kapasitas calon sekolah adiwitaya (provinsi, nasional dan mandiri). PAMA Site KIDE juga menjalankan program pada pilar lingkungan dengan Program Pranaraksa Center (Penanaman Buah Langka), Pembangunan Nurseri & Penanaman Pohon bekerja sama dengan DLH Kabupaten Paser.

Tak hanya itu, pilar Sosial Budaya pun turut dijalankan CSR PAMA Site KIDE melalui bantuan dan santunan melalui bazaar Ramadhan, pembinaan sanggar tari serta pelatihan gugus tugas tanggap bencana. “Upaya-upaya ini dilakukan PAMA dalam rangka turut menyejahterakan masyarakat yang berada di sekitar area operasional,” tambah Security & External Relations Dept. Head PAMA Gunawan Setiadi.

Keesokan harinya (5/9/2023), PAMA kemudian mengajak awak media untuk menanam mangrove di muara sungai menuju pantai di kawasan Pantai Lamaru, Balikpapan Timur. Melalui penanaman mangrove ini, maka diharapkan mampu memberikan manfaat, tidak hanya untuk menahan abrasi, membantu pemulihan ekosistem hingga ikut dalam mengurangi emisi karbon.

“Ekosistem mangrove terbukti mampu menyerap emisi karbon. Apalagi saat ini Indonesia khususnya Kaltim sangat terdepan dalam hal pengurangan emisi karbon bahkan Kaltim telah mendapat manfaat kompensasi atas pengurangan karbon dalam perdagangan karbon dunia,” kata CSR Dept. Head PAMA, Maidi Irvan yang memimpin pelaksanaan penanaman mangrove yang bekerja sama dengan Ditpolairud Polda Kaltim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.