Sukses

X-Bliss Wajib Merapat ke Solo, Boyband K-Pop Xodiac bakal Sepanggung dengan Anggun C Sasmi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menggandeng Shopee menggelar acara Persembahan dari Solo. Selain menghadirkan penyanyi Anggun C Sasmi, pentas budaya itu juga mengundang boy band K-POP Xodiac untuk tampil di Pura Mangkunegaran, Solo.

Liputan6.com, Solo - Pemerintah Kota Solo menggelar pentas budaya bertajuk Persembahan dari Solo di Pura Mangkunegaran, Minggu (17/9/2023) mendatang.

Bintang tamu acara ini di antaranya Anggun C Sasmi, Waljinah, hingga boy band K-Pop Xodiac yang punya fans X-Bliss. Tak sekadar pentas nyanyi, acara yang merupakan hasil kerja sama Pemkot Solo dan Shopee ini juga menampilkan peragaan busana dari Kimmy Jayanti.

Ketua Panitia Persembahan dari Solo, Ade Mulya menjelaskan pegelaran budaya ini menggabungkan pop culture dengan budaya asli dari Solo. "Acara ini menggambarkan bagaimana Solo sangat terbuka pengembangan karya seni. Akulturasi dua budaya, makanya kami menghadirkan Xodiac," ucapnya di umah dinas wali kota Loji Gandrung, Solo, Senin (4/9/2023).

Ia merinci para bintang tamu yang akan meramaikan pegelaran budaya ini. Selain Anggun C Sasmi dan Fabio Asher, ada juga maestro keroncong, Waldjinah yang mewakili budaya lokal Solo. Kimmy Jayanti bakal menampilkan peragaan busana dengan koreografi acara Eko Pece.

"Xodiac adalah boy band asal Korea Selatan Xodiac yang salah satu personelnya berasal dari Indonesia, Zayyan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tamu Terbatas

Penyelenggara hanya mengundang total 200 tamu terdiri dari pelaku industri kreatif, budayawan, sejumlah pihak yang mendukung acara, serta 100 warga Solo yang mendapatkan tiket gratis. Undangan ini dibagikan untuk 50 orang yang akan diundi melalui Instagram milik Gibran @gibran_rakabuming mulai 4-8 September 2023.

"Warga yang tidak mendapatkan tiket bisa nonton di Shopee Live," jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan kolaborasi senimana lokal dan internasional adalah semangat yang diusung dalam pentas ini. Selainn itu juga Solo pengin belajar dari Korea Selatan soal pengembangan kota yang bertumpu pada industri kreatif.

"Makanya kita belajar dari Korea Selatan, dimana mereka menyiapkan semuanya, baik FnB, fashion dan semuanya dikemas dengan kreatif dan membuat semua tertuju pada Korea (Selatan)," katanya.

Sementara itu, salah satu seniman yang tampil dalam acara ini yakni Eko Supriyanto menjelaskan konsep tari yang akan dipentaskan. Ia bersama dengan Ekodance Company akan mengusung kisah pertemuan Raden Mas Said yang dikenal dengan Mangkunegara I dengan seorang perempuan desa bernama Rubiyah.

"Kisah romantis ini akan disampaikan melalui sebuah lagi yang dibawakan Fabio Asher. Nanti juga ada kolaborasi dengan Mbak Anggun dan ibu Wajinah," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini