Sukses

Polda Kaltara Hijaukan Hutan Kota di Bulungan

Sebanyak 1.500 bibit pohon ditanam Polda Kaltara di hutan kota Kabupaten Bulungan.

Liputan6.com, Bulungan - Kepolisian Daerah Kalimantan Utara ikut ambil bagian dalam aksi penanaman 21 juta pohon serentak pada Rabu (23/8/2023). Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, penanaman pohon oleh Kapolri diikuti Kepala Kepolisian Asean. Polda Kaltara sendiri menanam 1.500 pohon di Hutan Kota Kabupaten Bulungan untuk menunjukkan komitmen Polda Kaltara untuk berperan aktif dalam mempromosikan keberlanjutan lingkungan.

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya memimpin langsung kegiatan ini bersama Gubernur Kaltara yang diwakili Asisten I Datu Iqro Ramadhan. Hadir pula Komandan Korem 092 Maharajalila Brigjen TNI Ari Estefanus dan pejabat utama Polda Kaltara serta partisipasi para tokoh dan Forkopimda Kaltara.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Polri secara keseluruhan dalam rangka menjaga lingkungan dan meninggalkan hal yang positif bagi generasi mendatang. Sebab alam Indonesia ini perlu dijaga dan perlu dilestarikan.

Polda Kaltara juga turut berpatisipasi dengan melakukan penanaman sebanyak 1.500 bibit pohon dengan beragam jenis. Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh Sekolah Polisi Negara (SPN) dan seluruh Polres jajaran Polda Kaltara.

Pada kegiatan ini jumlah total pohon yang ditanaman sebanyak lebih kurang 8.500 bibit pohon. 

"Dengan ini, mari kita bersama-sama terus menjaga kelestarian alam sekitar kita, bersama kita wujudkan lingkungan yang sehat, nyaman dan juga aman, mari saling bergandeng tangan untuk Melestarikan Negeri dan melakukan Penghijaun Sejak Dini,” kata Daniel Adityajaya.

Sementara itu Datu Iqro Ramadhan menyebut Gubernur Kaltara mengapresiasi kegiatan ini. Nantinya perlu upaya kolaborasi untuk mengatasi persoalan lingkungan.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya atas kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Polda Kaltara pada hari ini. Diharapkan hal ini dapat menjadi langkah baru bagi Polda Kaltara berkolaborasi dengan Pemprov Kaltara untuk dapat membenahi masalah lingkungan,” kata Datu Iqro membacakan amanat Gubernur Kaltara.

Datu menambahkan, dengan melaksakan program penghijauan tentu menciptakan lingkungan yang hijau, bersih dan berkelanjutan. Ini akan berdampak pada bagi generasi saat ini maupun generasi yang akan datang.

Apresiasi juga datang dari Komandan Korem 092 Maharajalila Brigjen TNI Ari Estefanus. Ada harapan agar kegiatan penanaman pohon seperti ini terus berlanjut.

"Diharapkan kegiatan ini dapat terus berjalan untuk menciptakan lingkungan bersih di wilayah Kalimantan Utara dan ke depan kegiatan penghijauan akan terus dilaksanakan secara bersinergi diantara TNI, Polri dan pemerintah daerah dengan semangat juga untuk menjaga sinergitas dan soliditas antara TNI, Polri dan pemerintah daerah dan stakeholder di wilayah Provinsi Kaltara,” kata Ari.

Menurut Karo SDM Polda Kaltara Kombes Pol Yusup Rahmanto, berbagai jenis tanaman seperti mangga, matoa, dan jambu air telah ditanam. Aksi ini merupakan langkah nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menanamkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sejak dini.

“Penanaman pohon ini tidak hanya berkontribusi terhadap keindahan wilayah, tetapi juga merupakan simbol dedikasi kepolisian dalam menjaga keseimbangan ekologi,” kata Yusup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini