Sukses

Cara Merayakan Hari Kemerdekaan ala Heppiii Community

momentum kemerdekaan RI dijadikan ajang silaturahmi dan pertemuan antar warga masyarakat, berbagai rangkaian kegiatan digelar.

Liputan6.com, Jakarta - Momentum Hari Ulang Tahun atau HUT kemerdekaan RI setiap tahunnya selalu diperingati oleh masyarakat dengan menggelar berbagai kegiatan untuk mengenang jasa para pahlawan. Misalnya, upacara bendera, dan berbagai kegiatan lomba.

Namun, ada pula yang melakukannya dengan cara unik dan berdaya guna. Seperti yang dilakukan oleh Heppiii Community yang menggelar acara bertajuk merdeka heppiii digelar serentak di ratusan desa di wilayah Jawa Timur dan sebagian Kalimantan sepanjang bulan Agustus 2023.

Koordinator Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan merdeka heppiii ini bagian dari upaya mereka untuk terus membangun desa yang melibatkan peran aktif warga desa itu sendiri. H

Warga menggelar acara perbaikan fasilitas umum, fasilitas sosial seperti pengecatan gapura, pemasangan lampu, juga acara-acara tasyakuran (pesta rakyat), Penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan kemeriahan Kemerdekaan, lomba-lomba, gerak jalan, upacara bendera.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Desa

"Kegiatan yang sifatnya meningkatkan kerukunan dan kebersamaan warga desa," kata dia, Minggu (20/8/2023).

Ronald menyebut kegiatan ini diikuti oleh warga desa di 17 kabupaten dan kota di wilayah Jawa Timur seperti di Banyuwangi 17 desa, kemudian Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 10 desa, kemudian Madiun 17.

Tak hanya wilayah itu, ada juga Pamekasan terdapat 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 16, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan dari Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

Menurutnya, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah lanjutan dari Ramadan Heppiii, lalu ada Pasar Heppiii, dan kini berlanjut Merdeka Heppiii. Ronald mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga desa yang tergabung dalam karta Heppiii Community. Ronald juga mengapresiasi para perangkat desa yang terus mensupport kegiatan tersebut.

Sementara itu Koordinator kegiatan merdeka heppiii Jombang, Harris menjelaskan di sejumlah daerah di Jatim seperti Ponorogo, Jombang, Probolinggo, Kediri sudah mulai menyiapkan kegiatan tersebut. Warga desa di daerah ini juga sudah mulai melakukan pendataan titik pemasangan lampu, termasuk melakukan pengecatan gapura.

"Ada festival layang-layang, ada panggung kesenian, ada karnaval, ada hiburan musik, termasuk menyiapkan doorprize di acara nanti untuk warga. Nanti juga akan ada penambahan pemasangan titik lampu baru desa-desa di Jombang," tutur Harris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.