Sukses

Sandiaga Uno: Lebak Jadi Daerah Ekonomi Kreatif Pertama di Banten

Kemenparekraf telah menetapkan Kabupaten Lebak, sebagai kabupaten ekonomi kreatif pertama di Banten. Kini, Kabupaten Serang tengah menyusul apa yang sudah diraih oleh Bumi Kalimaya tersebut

Liputan6.com, Serang - Kemenparekraf telah menetapkan Kabupaten Lebak, sebagai kabupaten ekonomi kreatif pertama di Banten. Kini, Kabupaten Serang tengah menyusul apa yang sudah diraih oleh Bumi Kalimaya tersebut.

Siapa yang tak kenal dengan berbagai destinasi wisata dan budaya di Kota Multituli itu, seperti Pantai Sawarna, Pantai Manuk, hingga Suku Baduy. Bahkan, jajanan tradisional masih di jajakan di Kabupaten Lebak, Banten.

"Yang sudah itu ada Kabupaten Lebak sudah menjadi kabupaten ekonomi kreatif. Mungkin menyusul Kabupaten Serang," ujar Sandiaga Uno, Menparekraf, di Plaza Aspirasi Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Sabtu (19/08/2023).

Di Kabupaten Serang sendiri, sudah ada dua desa yang mendapatkan Anugerah Desa Wisata (ADW), yakni Cikolelet dan Kubang Baros. Sandi mendorong Pemkab Serang untuk mempercepat proses uji petik, agar daerah bisa bisa dinilai dan memungkinkan mendapatkan gelar kabupaten kreatif.

Persiapan harus dilakukan pada 2023 ini, sehingga pada 2024 mendatang, bisa dilakukan uji petik penilaian sebagai kabupaten kreatif di Banten.

"Beberapa hari ke depan, tidak pakai lama, tidak pakai birokrasi, ini bisa kita proses, sehingga tahun depan akan mulai proses uji petiknya, sehingga nanti akan ada penempatan setelah lolos semuanya, Kabupaten Serang menjadi kabupaten kreatif," terangnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investor Besar Bakal Masuk KEK tanjung Lesung

Sandiaga Uno menerangkan pemerintah pusat menargetkan ada 4,4 juta lapangan pekerjaan tercipta dari sektor ekonomi kreatif pada 2024 mendatang. Salah satunya, dari Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kabar baiknya, ada dua investor yang akan menanamkan uangnya di Banten Selatan tersebut.

Dia mengaku, jika jalan tol Serang-Panimbang sudah terhubung, bisa memangkas perjalanan dari Jakarta ke Tanjung Lesung yang sebelumnya sekitar enam jam, menjadi dua jam saja.

Tanjung Lesung akan berfokus pada wisata yang melibatkan manusia dan lingkungan, sehingga bisa terus diminati masyarakat umum.

"Tadi saya dalam perjalanan kesini ada dua investor besar, karena ternyata mereka belum terinfokan ada jalan tol. Ini akan merubah permainan secara global dan sebagai salah satu KEK pertama kita akan dorong secara habis habisan, agar eco tourism ini bisa masuk kedalam ekosistem baru, yaitu eco tourism. Kita harapkan nanti ada investasi lainnya," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.